Home » » Beralih Ke Teknologi Pengirit BBM

Beralih Ke Teknologi Pengirit BBM

KATA PENGANTAR:Produk otomotif penghemat BBM mulai dilirik serius oleh konsumen pasca kenaikan harga BBM. Konsumen perlu berhati-hati mememilih produk yang tepat dengan mempelajari kinerja, sifat dasar dan manfaat produk yang dipasang pada selang bensin. Secara khusus Redaksi menurunkan profil Fitch Fuel Catalyst, Broquet Fuel Catalyst, Fuel Save dan Spontan Power dalam menghemat dan mengefektifkan kinerja BBM serta mengurangi emisi gas buang (CO2).

Menurut Kepala Analisa dan Optimasi Energi BPPT Edi Himawan, temuan bahan bakar blue energy oleh Joko Suprapto meragukan. Pada dasarnya mobil didesain untuk menggunakan BBM sehingga tidak mungkin 100 persen menggunakan air. ‘’Sesuatu yang mustahil dan menipu,” ungkap Edi menanggapi kesimpangsiuran teknologi blue energy.
Namun produk otomotif yang diciptakan khusus untuk menghemat pemakaian bahan bakar minyak (BBM) bukanlah bualan kosong. Menurut pengamat teknologi pengirit BBM, Drs Yunus Sugianto, langkah pengiritan pemakaian BBM bisa dilakukan secara ekstrim maupun dengan menggunakan komponen penghemat BBM yang kini marak di pasar Indonesia. Langkah ekstrim atau tradisional, papar Yunus, dengan cara mengurangi suplai BBM dari karburator ke mesin tanpa menggunakan alat penghemat BBM. Langkah ini tidak efektif karena jumlah BBM untuk menghasilkan dorongan (thrust) pada mesin menurun. Kendaraan tak memiliki cukup tenaga tarikan untuk maju dan suhu mesin pun menjadi lebih panas. Celakanya lagi, mesin sering mati dan lebih cepat rusak.
Langkah tradisional lainnya, ungkap Yunus, seperti mengganti jenis BBM (premium, pertamax, dll), mengganti karburator, mengganti kumparan penyalaan (ignition coil) disertai penggantian CDI (capacitor discharge ignition).
Lanjut Yunus, ada terobosan elegan di bidang otomotif dengan hadirnya produk pengirit BBM dengan berdasarkan cara kerja fisika dan biologi dalam alur thermodinamika, aerodinamika dan hidrodinamika. Dorongan mesin kendaraan yang besar membutuhkan suplai BBM yang besar pula. Demikian pula perbedaan tingkat konsumsi BBM pada mesin kendaraan tergantung pada kinerja mesin tinggi atau tidak (high performance), tingkat kelajuan kendaraan (speed), tekstur bodi kendaraan dan daya tampungan angkut (load capacity). Dicontohkan, motor gede (moge) Harley Davidson lebih boros BBM ketimbang sepeda motor standar seperti Win dengan power 100 cc.
Dijelaskan Yunus, teknologi pengirit BBM umumnya ditempatkan di antara tangki BBM untuk meningkatkan komposisi BBM atau kadar oktan (octan rating) sebelum mengalir ke karburator. Kadar oktan yang maksimal berdampak pada pembakaran BBM yang efektif. Selain hemat BBM, mesin pun awet seperti karburator bersih dan elektroda busi jauh lebih bersih.
Yunus menyarankan, konsumen agar berhati-hati memilih produk pengirit BBM. Jangan terlena dengan bahasa iklan atau promosi berlebihan. Misalnya, sebuah produk bisa menghemat BBM lebih dari 50 persen. “Rata-rata tingkat pengiritan berkisar 10 – 30 persen,” ungkap ayah tiga anak itu.
Karena itu konsumen harus memperhatikan dampaknya terhadap kinerja mesin seperti mengurangi kadar gas karbon, baik CO2 (karbon dioksida) maupun CO (karbon monoksida), mesin menjadi lebih bersih karena berkurangnya endapan kerak arang dan sekaligus menghasilkan gas buang yg lebih bersih, sehingga knalpot juga lebih bersih. Cermati pula tingkat efisiensi (untuk jangka pendek atau jangka panjang), perbandingan rasional antara biaya yang dikeluarkan (harga) dan nilai investasi yang signifikan (manfaat). (Agus Salam & Beny Uleander)
KPO/EDISI 154/JUNI 2008
Thanks for reading Beralih Ke Teknologi Pengirit BBM

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar:

  1. http://pengiritbbm.blogspot.com/
    aDHydro Booster Electronik System, Tanpa Elektrolit hanya dari Air Bersih
    Spesifikasi Teknis:
    1. Elektronik tipe terbaru, dua sistem 2in1 dengan Teknologi PUSH-PULL mampu menghasilkan gas dengan efisiensi tinggi tanpa menimbulkan panas di sel/ air. Terbukti mampu menghasilkan gas H2 dan O2 terbanyak mencapai 250 cc per menit. Handal karena sudah diuji coba dengan diletakkan di ruang mesin tepat di belakang radiator mobil dan sudah melalui 8jam broken test dan heat test. Menggunakan komponen power nomor 1 merek SGS Thompson, tanpa ragu memberikan kualitas terbaik. Sistem impedance matching dan impedance protected membuat hasil gas optimum untuk segala umur air, baik saat bersih dan saat kotor. Sistem ini didesain tidak akan rusak walau kipas pendingin terhenti karena terhalang kabel/ macet. Pemakaian arus 100w, maks 150w. Dilengkapi sekering pengaman.

    2. Desain terbaru dalam casing sel menggunakan tempat yang tahan panas, diuji coba di Daihatsu GranMax dengan peletakan tepat di belakang radiator, sistem menjadi panas hanya karena udara dari radiator yang panas. Casing kami pilih dari water filter parts, tahan panas, tahan tekanan, mudah memonitor ketinggian air Dilengkapi kran+slang untuk drainase air kotor, tidak perlu melepas kontainer, cukup buka kran dan bilas, tutup kran dan isi kembali. Jika dibutuhkan, anda bisa melepas tabung dan mencucinya.

    3. Sel yang telah teruji kekuatannya, dengan pembuatan sistem cor resin, membuat masa pakai yang tahan lama .Dengan jarak antar plat yang sangat presisi membuat hasil gas yang optimum dan sudah terhitung impedansinya, sesuai dengan output elektronik sistem kami. Karena hanya menggunakan air bersih/ air kran sebagai bahan gasnya, air kotor eks alat kami ramah lingkungan, pH netral, tidak berbahaya bagi logam besi dan aluminium di mobil anda. Tanpa adanya kimia elektrolit juga akan membuat usia pakai elektroda menjadi lebih panjang, kami gunakan stainless steel mutu tinggi untuk plat, mur baut pengikat, dan rod penghantar listriknya. Benar- benar sebuah karya terbaik dari kami untuk anda. Air berkurang hanya untuk berubah jadi gas H2 dan O2, tidak ada yang terbuang sebagai uap air. Pengecekan level air setiap 3x isi BBM full tank, bisa sekalian paralel cek air radiator, olie, air wiper, dll. Penggantian air 1 bulan sekali/ setiap 10 x isi bensin full tank/ 2500 km mana yang tercapai terlebih dahulu.

    4. Harga kami jual dengan tetap terjangkau sesuai pengiritan dan tenaga mesin yang anda dapatkan. Rp 1.000.000,- belum termasuk ongkos pasang, relai dan custom bracket di bengkel rekanan kami. Anda mendapatkan garansi 1 minggu uang kembali, 3 bulan garansi sel dan 6 bulan garansi elektronik, pengecualian karena kesalahan pemakaian.

    Referensi
    http://www.unusualcreation.com/H2O.htm
    http://www.hydrofuel.com.my/
    http://otomotif.kompas.com/read/xml/2008/08/05/07410972/dari.hybrid.toyota.beralih.ke.hydrogen

    Kegunaan alat ini:
    1. Mobil yang ngelitik/ pinging/ knocking sangat terbantu dengan H2 dengan RON 130, jika anda mau berhemat menggunakan PREMIUM sedangkan mobil anda menuntut PERTAMAX, ini adalah solusinya
    2. Tenaga yang bertambah secara drastis, emisi HC dan CO berkurang
    3. Pengiritan yang agak susah kami claim, kami hanya berikan angka 10-30%, biasanya setelah kendaraan kita enak, kita akan lebih suka bergerak lincah di jalan raya dimana akan membuat BBM tidak begitu irit, tetapi kami berani untuk dibandingkan konsumsi listrik yang dihasilkan dengan hasil gas H2 yang diproduksi dengan produk serupa. Pada motor produk kami sudah dapat mencapai angka 60-100% pengiritan/ jarak tempuh 2x nya.

    BalasHapus