Home » » Fitch Fuel Catalyst: Cegah Gugusan Molekul Dan Arpus

Fitch Fuel Catalyst: Cegah Gugusan Molekul Dan Arpus

Oleh: Heni Kurniawati
Salah satu produk pengirit BBM adalah Fitch Fuel Catalyst (Fitch katalisator bahan bakar). PT Fitch Indonesia sebagai perwakilan dari perusahaan Amerika Advanced Power System International inc, hadir di Indonesia sejak 2002 dengan memperkenalkan alat yang juga dapat meningkatkan pembakaran dan mereduksi emisi gas buang pada mesin kendaraan. Fitch katalisator berbentuk logam kecil (seperti kapsul) diletakan dalam tangki bensin untuk mesin berukuran kecil 50HP (sepeda motor). Untuk mobil atau mesin berukuran besar, Fitch katalisator diletakkan pada filter bensin di antara tangki bensin dan karburator.
Menurut Fillip De Ruwe, Managing Direktur PT Fitch Indonesia, katalisator merupakan suatu zat atau substansi yang meningkatkan kecepatan suatu reaksi pada suhu tertentu tanpa ditransformasi. Katalisator melakukan proses tersebut dengan mengurangi reaksi sehingga menghemat energi, waktu dan biaya.
Bahan bakar minyak seperti bensin maupun solar sebelum sampai ke tangan konsumen sudah mengalami penurunan kualitas akibat penimbunan yang lama. BBM mengalami proses oksidasi dan pertumbuhan mikroorganisme. Akibatnya bahan bakar kehilangan kemampuan untuk membakar dengan efisien dan optimal. Katalisator bekerja pada unsur-unsur pokok bakan bakar yang terdegradasi, dengan meminimalkan dan meningkatkan konsentrasi molekul berenergi tinggi dari bahan bakar sehingga diperoleh hasil pembakaran yang lebih baik.

Fitch katalisator berbentuk heterogen yang terbuat dari campuran logam dengan unsur berbeda. ”Semua bahan bakar berkarbon mengandung kerak serta arpus yang mengakibatkan molekul-molekul bensin maupun solar bergumul membentuk gugusan, yang tidak dapat terbakar. Molekul yang tidak terbakar tersebut keluar melalui gas pembuangan sebagai gas kotor. Fitch katalisator mencegah terbentuknya gugusan molekul dan arpus sehingga bahan bakar terbakar secara sempurna dan menghasilkan tenaga optimal,” katanya.
Katalisator ini menurut Fillip tidak memiliki efek samping yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan. Produk ini diklaim dapat menghemat bahan bakar hingga 30% dan menurunkan emisi gas buang HC, CO,NOx. Pihaknya pernah membuat uji coba Fitch katalisator pada Suzuki Shogun menempuh rute Sanur, Denpasar - Candidasa, Karangasem dengan satu liter bensin dapat mencapai jarak 49 km, dibanding tanpa fitch yang hanya mencapai 35 km dan tidak sampai Candidasa. “Katalisator bereaksi terhadap bahan bakar yang tidak murni da mengubahnya menjadi molekul kecil yang aktif dan menyebabkan proses pemutusan semua rantai parafin panjang menjadi alkana jenuh yang memiliki berat molekul lebih ringan. Hal ini membuat bahan bakar terbakar lebih bersih dan memperbaiki proses pembakaran,” jelasnya.
Fitch dapat digunakan untuk semua jenis bahan bakar, mulai bensin hingga elpiji ataupun minyak tanah. Berbagai varian motor dan mobil pun dapat mengunakan fitch katalisator.

Thanks for reading Fitch Fuel Catalyst: Cegah Gugusan Molekul Dan Arpus

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar:

  1. Ada juga produk sejenis Fuel katalis, FFI MPG CAPS, 1 pil 0.5 gr untuk 80 Liter, harga cuma 25ribu,

    untuk detail, please open : www.misitama.myffi.biz atau
    www.misitama.ffivideo.com

    tq
    syaifudin
    email :misitama@hotmail.com

    BalasHapus