Home » » Jus Belimbing Menurunkan Kolesterol

Jus Belimbing Menurunkan Kolesterol

OLEH: AGUS SALAM
Buah belimbing yang manis selain menyembuhkan batuk, demam, kencing manis dan kolestrol tinggi, juga cocok untuk mereda sakit tenggorokan. Dalam literatur Tanaman Obat Indonesia (TOI) disebutkan, jika dicampur madu dapat mencegah dan mengatasi kencing batu.
Dalam perkembangannya, tanaman asli Indonesia ini sudah cukup populer. Belimbing manis (Averhoa carambola L) memiliki rasa unik. Dalam bahasa Inggris, jenis buah ini disebut star fruit. Bila diiris melintang berbentuk seperti bintang.
Bila dimakan dalam keadaan segar (dijuice dan olahan lain), sangat memikat liidah. Di Depok, Jawa Barat, tanaman ini sudah sering dijadikan juice dalam kemasan sampai tahan seminggu. Selain rasa manis dan enak diminum, belimbing bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan gizicukup baik, dan dalam 100 gram terdapat energi 35,00 kalori, 0,50 gr protein, 0,70 gr lemak, 7,70 gr karbohidrat, 8,00 mg kalsium, 22,00 mg fosfor, 0,90 gr serat, 0,80 gr besi, 18,00 RE vitamin A, 0,03 mg vitamin B1, 0,02 mg vitamin B2, 33,00 mg vitamin C dan 0,40 gr niacin.
Untuk sakit perut yang berlarut-larut, sejak dahulu masyarakat secara tradisional diminum secara rutin perasan air buah belimbing. Di Jawa Tengah, belimbing buah yang cukup terkenal berasal dari Demak. Buahnya besar dengan rasa manis, serta kandungan air cukup banyak. Untuk pengobatan tradisional, tanaman ini dapat diandalkan, mulai dari buah, bunga, akar sampai daun. Dengan sifat khas dan kandungan kimia berupa glukosida, vitamin B dan vitamin C, bunganya berkhasiat untuk antipiretik dan ekspektoran.
Buah belimbing manis berkhasiat untuk antiinflasi, analgesik, dan diuretik. Akar untuk antiinflasi dan diuretik, serta daun sebagai antiinflasi, antipiretik dan diuretik. Bunga belimbing manis bisa digunakan untuk mengatasi batuk yang dialami anak-anak. Buahnya berkhasiat juga untuk membantu proses penyembuhan batuk, mengatasi demam, kencing manis, kolestrol tinggi dan sakit tenggorokan.
Sedangkan akar belimbing manis ini biasanya untuk sakit kepala dan nyeri persendian (rematik). Daun untuk radang lambung, radang kulit bernanah (obat luar) dan bisul (obat luar). Untuk radang lambung, ramuan yang diperlukan adalah 6 gr daun belimbing manis, 8 gr rimpang kunyit segar, 7 gr rimpang temu kunci dan 110 ml air. Ramuan tersebut dibuat diseduh, lalu diminum sehari sekali setiap pagi 100 ml selama 14 hari.
Thanks for reading Jus Belimbing Menurunkan Kolesterol

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar