Home » » Ekonomi Bogor Kian Menggeliat

Ekonomi Bogor Kian Menggeliat

OLEH: AGUS SALAM
Hari jadi Kota Bogor yang ke-526 di Komplek Tegar Beriman Cibinong, yang diprakarsai Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor itu digelar untuk memperingati 100 tahun Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dengan menampilkan geliat perekonomian Kota Bogor yang semakin berkembang.
‘’Saat pameran berlangsung, terlihat dari 300 stan yang disiapkan hampir semuanya telah terisi. Ini membuktikan geliat perekonomian Kota Bogor semakin berkembang,’’ kata ketua panitia Pekan Raya Pemuda (PRP) Agus Ridhallah.
Menurut Agus, perayaan yang diadakan setahun sekali ini merupakan ajang sosialisasi dan promosi kelompok usaha, lembaga dan instansi di Kabupaten Bogor.’’Ini pesta rakyat, saya berharap dukungan dan kerjasama semua pihak untuk menyukseskannya,’’ harapnya.
Kabupaten Bogor, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat dengan ibukota Cibinong. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tangerang (Banten), Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi di utara; Kabupaten Karawang di timur, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi di selatan, serta Kabupaten Lebak (Banten) di barat. Kabupaten Bogor terdiri atas 35 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan.
Masing-masing kacamatan memiliki produk unggulan mulai dari bisnis kuliner, potensi kerajinan, hasil-hasil pertanian, pariwisata sampai kepada industri. Semua potensi dari 35 kecamatan ini berunjuk gigi di pameran tersebut.
Salah satu potensi di kecamatan Bojong Gede adanya industri pertanian pupuk cair organik yang terkenal yakni Effektive Mikroorganisme (EM4). ’’Kita turut memperkenalkan produk pertanian berbasis organik, agar masyarat Bogor tahu bahwa di Bogor juga terdapat produk berkualitas dalam bidang pertanian yang dipergunakan sampai mancanegara,’’ kata Direktris PT Songgolangit Persada Ketut Tisnawati.
Menurut Tisna, perusahaannya mulai memproduksi EM4 mulai dari Kota Bogor hingga diperluas sampai ke Bali.’’Semua ini berasal dari kota Bogor hingga berhasil sampai sekarang,’’katanya.
Dalam pameran yang berlangsung selama dua minggu ini juga menampilkan perlombaan bagi siswa mulai dari TK, SMP dan SMA serta umum, pembuatan akta kelahiran gratis, pementasan kesenian, festival jaipong dan pagelaran wayang golek di akhir acara. Menariknya, panitia akan menyiapkan Museum Rekor Indonesia (MURI) Award untuk kategori bazar terpanjang dan Painting on T'shirt terbanyak.
Thanks for reading Ekonomi Bogor Kian Menggeliat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar