Home » » Manfaat Keramik Bagi Kesehatan

Manfaat Keramik Bagi Kesehatan

Saring Air Kotor Hingga Tulang Imitasi
Oleh: Heni Kurniawati
Kini banyak dijumpai produk kesehatan berbahan dasar keramik. Banyak literatur ilmiah dan eksperimen yang berkembang dalam menguji fungsi keramik sebagai mediator untuk kesehatan tubuh manusia. Kepala UPT-PSTKP Bali yang bernaung di bawah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) I Gusti A. Suradharmika, ST mengakui jika kandungan keramik yang beragam memiliki fungsi untuk kesehatan. Salah satu sifat keramik yang forus atau memiliki lubang-lubang yang elastis dapat menyaring air yang kotor menjadi bersih dan jernih.
Keramik modern juga dapat digunakan sebagai inflantasi tulang buatan (imitasi) pada tubuh manusia sebagai pengganti tulang yang retak atau hilang. Bahkan keramik dapat digunakan sebagai membran untuk cuci darah. ”Melalui penelitian, rekan-rekan kami telah menemukan adanya fungsi lain dari keramik. Saat ini memang uji inflantasi tulang buatan tersebut masih diujikan pada tulang tikus, yang memiliki struktur tulang hampir sama dengan manusia,” kata Gusti Suradharmika.
Sementara hubungan keramik sebagai mediator gelombang elektromagnetik, Suradharmika mengatakan masih belum dapat dipastikan secara ilmiah. Pengaruh keramik dalam mengantar gelombang elektromagnetik untuk kesehatan cukup kecil. Sebab kandungan keramik didominasi unsur besi, kalium, silikon, magnesium dan aluminium. Bila mengalami dua kali pembakaran, unsur organik akan mati dan menjadi anorganik. ”Dalam kaitan keramik dengan kesehatan, penelitian yang kami lakukan belum sampai pada kesimpulan keramik sebagai media pengantar gelombang elektromagnetik. Karena dalam suhu 125ยบ molekul keramik yang organik berubah menjadi anorganik,” jelasnya.
Thanks for reading Manfaat Keramik Bagi Kesehatan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar