Home » , » ITP Bangun Pengelolaan Sampah Jadi Kompos

ITP Bangun Pengelolaan Sampah Jadi Kompos

PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk tengah membangun pengelolaan sampah menjadi kompos dan biomassa di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon dan siap beroperasi awal Agustus 2008. Demikian Budiono Hendranata, GM Indocement Unit Cirebon didampingi Direktur PT ITP Alaxander Frans dan Corporate Secretary, Dani Handayani kepada wartawan di Kompleks Olah Raga Apita Hotel Cirebon, belum lama berselang. "Proyek itu merupakan percontohan dan akan dikembangkan di desa lain di sekitar pabrik dengan harapan bisa ikut memberdayakan masyarakat sekaligus menularkan pengelolaan lingkungan yang baik kepada masyarakat," kata Hendranata.
Dijelaskan, nantinya semua sampah masyarakat ditampung dan dipilah-pilah. Khusus sampah organik siap dibuat kompos dan sampah anorganik dibiomassa menjadi energi alternatif. Alexander Frans mengatakan, rencananya pengelolaan kompos dipadu dengan usaha peternakan domba atau sapi sehingga kotoran ternak bisa dimanfaatkan untuk pembuatan kompos. "Kita berharap tumbuh usaha baru di masyarakat sehingga ada pergerakan ekonomi di desa-desa," katanya.
Adanya program pengelolaan itu, menurut Frans tidak mengurangi program lain seperti pembinaan bagi sekitar 500 UKM di Kabupaten Cirebon bekerja sama BRI Cabang Cirebon dan bantuan perbaikan infrastruktur desa. Terkait HUT Indocement ke-33, 4 Agustus 2008, Budiono menjelaskan, pihaknya menggelar berbagai kegiatan seperti lomba seni tradisional, melukis dan mewarnai, kebersihan desa, kreatifitas prosa dan puisi, pembuatan video lingkungan dan ceramah agama.
Selain itu untuk pertama kali Indocement menggelar Indocement Award dengan lima katagori penghargaan yaitu Indocement Contractor Award, Indocement Developer Award, Semen Tiga Roda Writing Competision Award (kompetisi karya tulis), Semen Tiga Roda Architectural Award (kompetisi seni arsitektur) dan Semen Tiga Roda Concrete Competition Arward (kompetisi membuat beton).
Thanks for reading ITP Bangun Pengelolaan Sampah Jadi Kompos

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar