Home » , » Sektor Pertanian Punya Fungsi Ganda

Sektor Pertanian Punya Fungsi Ganda

Pengembangan sektor pertanian memiliki peran dan fungsi ganda, bukan sekedar menyediakan kebutuhan pangan, sandang dan papan bagi kebutuhan hidup umat manusia. "Pertanian mempunyai peran penting dalam mendukung segala bentuk kehidupan, sekaligus konservasi sumber daya alam, memelihara nilai-nilai sosial dan menopang sistem kehidupan yang harmonis," kata Guru Besar Universitas Udayana Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta yang dikutip Antara di Denpasar.
Ia mengatakan, sektor pertanian juga ikut berfungsi memelihara lingkungan, antara lain mencegah banjir, mengendalikan erosi tanah, memelihara pasokan air dan menyerap karbon penyegar udara.
Hal lain yang tidak kalah penting menyerap sampah organik, memelihara keanekaragaman hayati, melestarikan tradisi budaya dan kehidupan sosial di pedesaan.
Dewa Suprapta menjelaskan, dalam perjalanan sejarah peradaban manusia tidak ada bangsa di dunia yang bisa besar dan langgeng tanpa didukung oleh sektor pertanian.
Negara-negara industri maju seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat dan negara-negara Eropa hingga sekarang masih tetap melestarikan sektor pertanian.
Dosen terbang pada tiga perguruan tinggi di Jepang itu menilai, sektor pertanian di Bali sangat penting untuk dapat dilestarikan, karena mempunyai dampak yang positif terhadap manusia, alam dan budaya Bali.
Oleh sebab itu, pertanian di Bali perlu dibangun agar lebih maju dengan prioritas dan perencanaan secara matang. "Membangun dan memajukan sektor pertanian tidak bisa hanya dibebankan kepada Departemen Pertanian bersama petani, namun harus mendapat dukungan dari semua pihak secara terpadu," ujar Dewa Suprapta.
Ia menjelaskan, dukungan tersebut antara lain menyangkut infrastruktur, pendidikan, industri, perbankan, perdagangan, hukum, penelitian serta pemihakan masyarakat terhadap petani.
Sektor pertanian selama ini belum maju dan berkembang secara maksimal akibat sektor lain belum bersinergi dengan sektor pertanian, bahkan menjadi beban yang berat dari pertanian, katanya.
Thanks for reading Sektor Pertanian Punya Fungsi Ganda

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar