Home » » Waktu Singkat Tetap Ikuti Pelatihan

Waktu Singkat Tetap Ikuti Pelatihan

Oleh: Wayan Nita
Menindak lanjuti kunjungan Datuk Bandar dari Majlis Bandaraya Johor Bahru belum lama ini, beberapa ahli Majlis Bandaraya Johor Bahru juga mengikuti pelatihan. Meskipun dikejar waktu dan hanya mendapat waktu sebentar untuk berkunjung, tetapi ahli Majlis ini tetap ikuti pelatihan pengenalan teknologi EM4. Tak kurang dari 27 orang mengikuti pengarahan yang diberikan oleh Ir. Ketut Riksa, staf Ahli EM4, tentang EM4. Selain itu, mereka juga diajarkan cara pembuatan pupuk Bokashi Kotaku yang diproduksi di kebun percontohan milik Pak Oles.
Kunjungan singkat ini tak membuat peserta menyesal, karena menurut Hj. Ghazali Kavim, Director Korporat & Pentadbiah Majlis Bandaraya Johor Bahru, kunjungan ini adalah sebagai awal pembuka untuk mengikuti pelatihan IPSA di desa Bengkel, Buleleng. Karena pihak Bandaraya Johor Bahru akan mengirim stafnya untuk melakukan pelatihan regular. Perlu diketahui, Johor Bahru merupakan daerah yang sangat konsisten dalam pelestarian lingkungan. Penggunaan EM4 dalam mengatasi pencemaran sungai sudah dilakukan sejak satu tahun lalu. “Bahkan, indek pencemaran pada air sungai sudah menurun,” lanjut Hj. Ghazali.
Peserta pelatihan ini hanya berkunjung ke kebun percontohan Pak Oles di Jl. Pulau Roti. Karena selanjutnya akan melakukan perjalanan lagi ke Bandung dalam rangka lawatan sambil belajar. Diharapkan setelah pengenalan singkat tentang EM4 dan aplikasinya di Bali, rombongan yang terdiri dari anggota legislative dan teknokrat Bandaraya Johor Bahru ini akan mengaplikasikan juga di Johor. “Selanjutnya akan merambah pada pengolahan limbah hotel, restaurant dan juga pengolahan sampah di pasar-pasar,” pungkas Hj. Ghazali.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Waktu Singkat Tetap Ikuti Pelatihan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar