Home » » Seni Tradisional Efektif Menyapa Masyarakat

Seni Tradisional Efektif Menyapa Masyarakat

Seni tradisional dianggap mampu menyampaikan pesan kepada masyarakat secara lebih efektif, dibandingkan dengan seni modern. "Namun, keberadaan seni tradisional saat ini justru terpinggirkan," kata Wakil Ketua Umum Pengurus Nasional Forum Komunikasi (FK) Media Tradisional (METRA), Huala Siregar di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang, Rabu (27/5).
Menurut dia, seni tradisional efektif untuk menyampaikan pesan berupa pembangunan, kemasyarakatan, dan pemerintahan kepada masyarakat.
Seni tradisional tampil dengan menggunakan identitas dan kemasan budaya setempat, sehingga dapat lebih dikenal dan diterima oleh masyarakat, kata dia. "Tontonan yang dikemas secara lebih merakyat, tentunya sangat mudah untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, karena menggunakan media bahasa daerah," katanya.
Ia mencontohkan, apabila digelar sebuah pertunjukan tradisional di suatu daerah pasti masyarakat akan antusias untuk menontonnya. "Rencananya, FK METRA akan menggelar pertunjukan wayang orang untuk sosialisasi untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2009 pada tanggal 29-31 Mei mendatang di Malang," katanya.
Sementara itu, Ketua FK METRA Jawa Tengah (Jateng), Sutrisno juga mengungkapkan hal senada bahwa seni tradisional sarat dengan pesan yang membangun.
Sehingga, kata dia, seni tradisional tidak boleh ditinggalkan karena seni tradisional tidak hanya bersifat komunikatif yang mampu menghibur masyarakat. "Namun, seni tradisional juga dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat, karena dapat dijadikan sebagai media untuk menyampaikan informasi, termasuk mengkritik kebijakan pemerintah," katanya.
Oleh karena itu, pihaknya berharap seni tradisional dapat tetap eksis di tengah gempuran modernitas seperti sekarang ini. Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) saat ini sedang menggiatkan pembentukan FK METRA di seluruh kabupaten/kota di Jateng. "Harapannya, setiap daerah nantinya mampu menghidupkan dan melestarikan seni tradisional yang dimilikinya agar seni tradisional tidak lagi terpinggirkan," katanya dilansir ANTARA.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Seni Tradisional Efektif Menyapa Masyarakat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar