Home » » Wapres M Jusuf Kalla: Industri Jamu Tingkatkan Citra

Wapres M Jusuf Kalla: Industri Jamu Tingkatkan Citra

Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengajak pengusaha jamu meningkatkan citra produknya agar semakin digemari masyarakat, termasuk konsumen luar negeri. Wapres dalam kunjungan kerja di pabrik jamu PT Sido Muncul, Klepu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (21/5) mengatakan, ginseng bisa terkenal dan dijual dengan harga mahal karena tanaman ini dipersepsi secara baik oleh masyarakat luas. "Jamu dari China atau ginseng dari Korea bisa terkenal, itu masalah persepsi," kata Kalla.
Akan tetapi, Wapres mengingatkan, persepsi dan citra yang baik saja tidak cukup, tetapi harus dibarengi dengan jaminan mutu produk yang baik. Karena sebuah produk berkaitan dengan persepsi, maka untuk meningkatkan citra dan persepsi yang baik di mata konsumen, produk jamu harus bisa membangun persepsi lebih baik.
Ia mengisahkan, dulu batik juga belum dipakai secara luas dalam berbagai kegiatan, namun setelah digalakkan pemakaiannya dengan melibatkan banyak kalangan, termasuk pejabat pemerintah, sekarang ini produk batik memiliki citra yang baik. Setelah berkunjung ke sentra industri sepatu di Cibaduyut dan diluncurkan produk sepatu merek JK Collections, omset penjualan sepatu Cibaduyut melonjak hingga 40%.
Direktur Utama PT Sido Muncul, Irwan Hidayat mengatakan, produk jamu yang dibuat dan dipasarkan telah menyerap tenaga kerja jutaan orang, mulai dari petani pemasok bahan baku obat hingga pedagang kecil.’’Saya berharap setelah dikunjungi Pak Jusuf Kalla, omset jamu Sido Muncul melonjak hingga 70 persen," kata Irwan.
Hingga kini ada mata rantai yang kosong dalam industri jamu, yakni antara produsen dengan konsumen. Dalam industri obat, sebelum obat dijual ke konsumen ada dokter yang meresepkan. Apapun namanya, seharusnya ada profesi yang menjembatani antara produsen jamu dengan konsumen. PT Sido Muncul menyambut gembira rencana Universitas Indonesia yang pada tahun depan akan membuka program studi herbal.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Wapres M Jusuf Kalla: Industri Jamu Tingkatkan Citra

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar