Home » , » Warga Jakarta Berburu Pengobatan Herbal

Warga Jakarta Berburu Pengobatan Herbal

Sejumlah warga Ibukota Jakarta dewasa ini kian meminati pengobatan yang menggunakan ramuan tumbuh-tumbuhan (herbal) Cina, karena dianggap manjur dan tidak memiliki efek samping negatif pada tubuh.
Rita Yuniarti, (26) penderita penyakit kista di Jakarta, yang ditemuai ANTARA mengaku mulai mengenal pengobatan alternatif itu dari temannya. Setelah mencoba, dirinya mulai merasakan dampak positif dari pengobatan yang ditangani oleh shinshe atau sebutan untuk tabib Cina.
Padahal, warga Jalan Parmerah, Jakarta Barat itu telah divonis oleh dokter untuk segera melakukan operasi, karena kista atau tumor jinak yang tumbuh abnormal di rahimnya telah berukuran 10 centimeter. "Saya telah menikah selama tiga tahun, tetapi belum punya anak. Ketika diperiksa ternyata saya menderita kista dan dokter memvonis harus segera dioperasi jika ingin punya anak," katanya.
Namun, karena ketiadaan biaya, dia pun menjalani pengobatan alternatif ke salah seorang shinshe akupuntur di Jalan Pancoran Raya, Pasar Glodok ,dan mulai merasakan perubahan setelah berobat enam kali. "Biaya untuk operasi kista dengan pelayanan rumah sakit kelas tiga di Jakarta sekitar Rp15 juta, sedangkan ke shinshe cuma Rp250 ribu berikut ramuan obat untuk sekali datang," ujar dia.
Shin San Min, (56) warga Pademangan, Jakarta Utara lebih memilih pengobatan herbal itu karena dia telah berulang kali menjalani perawatan dokter akibat gangguan ulu hati dan susah buang air besar. "Kalau ke dokter sudah tidak terhitung, tapi setelah berobat enam bulan kemudian kembali penyakit saya kambuh lagi. Belum lagi dampak obat-obatan kimia yang terus dikonsumsi, jadi saya memilih ke shinshe," kata dia.
Pada tempat terpisah, Yani, (59) warga Jalan Puri Indah, Kebon Jeruk, Jakarta mengaku cocok dengan pengobatan shinshe yang menggunakan bahan ramuan yang berasal dari dedaunan, akar pohon, kulit kayu, buah tanaman dan tumbuh-tumbuhan lain. "Yang pertama dulu wasir, setelah berobat sekali langsung sembuh sehingga saya kembali lagi. Untuk yang kedua ini kolesterol saya tinggi dan saya yakin akan sembuh," ujar dia.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Warga Jakarta Berburu Pengobatan Herbal

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar