Home » , » UI Akan Buka Program Herbal Medik

UI Akan Buka Program Herbal Medik

Kabar gembira bagi para praktisi dan pebisnis yang bergelut dalam pengembangan tanaman herbal di Indonesia. Universitas Indonesia (UI) akan membuka program studi untuk pascasarjana yang memiliki tiga program khusus yaitu herbal medik, herbal keperawatan dan estetika Indonesia. "Kalau bisa memang tahun ini dibuka, tapi paling lambat tahun depan," kata Deputi Direktur Kantor Komunikasi UI Devie Rahmawati di Depok, Rabu (27/5).
Program ini akan terintegrasi dalam Program Pendidikan Pascasarjana Universitas Indonesia yang melibatkan para pakar di bidang kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, biologi, farmasi, kesehatan masyarakat, pertanian, industri obat herbal, dan industri kosmetik herbal.
Menurut Devie Rahmawati, pendidikan formal, yang terkait dengan herbal, hingga saat ini masih merupakan suatu kebutuhan dan kewajiban bagi masyarakat untuk mendapat pengakuan baik secara nasional maupun internasional, terutama di tingkat perguruan tinggi.
Dikatakannya pendidikan berbentuk program studi khusus tersebut dibentuk untuk mengatasi beberapa permasalahan pokok yaitu bagaimana memanfaatkan secara optimal sumber daya tanaman obat Indonesia menjadi obat herbal sebagai alternatif yang rasional serta teruji efektivitas dan keamanannya, sehingga dapat digunakan dalam sistem pengobatan formal dan perawatan kesehatan berdampingan dengan obat kovensional.
Selain itu juga bisa memadukan pengobatan herbal dan pemanfaatan herbal dalam perawatan kesehatan, dan sebagai komponen estetika Indonesia ke dalam kebijakan kesehatan yang ada.
Indonesia sebagai negara yang memilliki keanekaragaman hayati, terutama tanaman obat terbesar ke dua setelah Brazil, tidak atau belum menanggapi secara positif dan memanfaatkan kesempatan yang seharusnya menjadikan obat tradisional Indonesia sebagai primadona bangsa.
"Penggunaan obat tradisional dilakukan secara empiris, turun temurun berdasarkan pengalaman dari generasi ke generasi. Transmisi pengalaman dilakukan tanpa dokumen tertulis secara benar, apalagi belum ada sistem pendidikan formal terkait dengan pengobatan dan perawatan menggunakan herbal Indonesia," katanya.
Lebih lanjut ia mengatakan pengobatan herbal dan pemanfaatan herbal dalam perawatan kesehatan pada berbagai penyakit, serta pemanfaatan herbal sebagai komponen estetika Indonesia, misalnya dalam bentuk ramuan untuk lulur, mangir, dan spa merupakan bagian dari sejarah dan kebudayaan masyarakat serta memiliki konsep yang hanya dimiliki oleh Bangsa Indonesia sendiri.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading UI Akan Buka Program Herbal Medik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar