Home » , » Tur Perdana Ke Bukit Hexon

Tur Perdana Ke Bukit Hexon

Treking Hingga Mandi Air Terjun
Hari itu Sabtu, 23 Mei 2009. Desiran angin pegunungan menyiram aroma kesejukan di sekujur tubuh. Udara pagi nan segar berhembus lembut. Canda dan tawa riang menghiasi wajah rombongan peserta Agrotour Perdana Bukit Hexon saat tiba di perkebunan stroberi Desa Pancasari, Bedugul. Dirut GN Wididana didampingi Direktur Agus Urson, Manajer Keuangan Made Ayu Lidyawati dan staf dari berbagai divisi berloncatan turun dari bus mitsubishi yang membawa mereka dari Denpasar.
Bambang H, General Manajer Bali Meru Holidays Tours & Travel Pak Oles Group didampingi Komang Abdi (43) yang menjadi tour guide berkeliling melihat budidaya tanaman stroberi milik I Made Suastika dan I Wayan Seriadi seluas 88 are. Buah stroberi tumbuh segar di atas lahan seluas 10 are yang dikelola khusus Made Suastika dengan menggunakan pupuk Bokashi Kotaku dan EM4. Sedangkan Wayan Seria menanam 7600 pohon stroberi dengan pemupukan organik EM4 yang diperkenalkan Pak Oles di atas lahan seluas 18 are. “Setelah 3 bulan memakai pupuk Bokashi dan EM4, baru terlihat hasilnya. Tanaman stroberi yang pakai pupuk Bokashi lebih subur, buah lebih banyak dan bisa dibuat perbandingan buahnya dari segi rasa. Beda jauh dengan tanaman stroberi di sebelah yang belum pakai pupuk Bokashi,” ungkap Suastika kepada peserta tur yang diizinkan mencicipi buah stroberi miliknya.
Setelah berpamitan, bus tur kembali bergerak menuju areal agrowisata Bukit Hexon, sebuah bukit hijau di ketinggian 1320 m (dpl), 60 km arah barat Denpasar, tepatnya di Desa Lemukih, Sawan, Buleleng. Jalan berkelok penuh tanjakan dihiasi pepohonan hijau di sisi jalan membawakan sensasi tersendiri. Akhirnya rombongan tiba di dusun Tempek Lobong, sebuah dusun yang terletak di kaki Bukit Hexon. Bus terus merangkak naik menuju bukit yang dulu bernama asli Bukit Sandeh.
Di Bukit Hexon yang berudara sejuk, rombongan seakan tak sabar bergegas turun menghirup udara segar sepuas-puasnya. Dengan ramah rombongan disambut koordinator pembangunan Bukit Hexon Gede Eddy Sukawiratha (30) dan kepala kampung Tempek Lobong, Made Yasa (48). Tak lama berselang, pengelola Bukit Hexon menghidangkan teh panas dan kopi hangat. Peserta tur yang duduk lesehan di bale bengong menyeruput minuman dengan penuh rasa terima kasih sambil mencicipi ubi rebus.
Gede Eddy Sukawiratha pun mulai berceritera awal pembangunan Bukit Hexon, upaya warga secara swadaya membuka akses jalan hingga budidaya berbagai tanaman obat, garden tracking dan lintasan gasstrack otomotif yang membalut Bukit Hexon sepanjang 2,4 km.
Ajang treking pun dimulai. Rombongan tur menapak jalan setapak menuju puncak Bukit Hexon. Mata menjadi segar melihat berbagai tanaman obat dan markisa tumbuh subur. Di puncak bukit, terdapat pura serta pohon beringin tua yang besar dan teduh. Rasa lelah dan capek hilang seketika. Rombongan pun duduk bersila di hamparan rumput hijau sambil meditasi napas yang dipimpin langsung Pak Oles. Semua rutinitas hidup seperti dikubur, kecemasan lenyap, kekhawatiran sirna…Ya itulah sebabnya nabi, para rahib dan pertapa selalu mendaki bukit untuk bertemu Sang Pencipta.
Usai makan siang, rombongan berangkat menuju objek wisata air terjun kembar lima di Desa Sekumpul, 30 menit dari Bukit Hexon. Sungguh sebuah pemandangan yang menakjubkan. Ada lima sumber air terjun. Untuk sampai ke sumber air terjun, rombongan harus menuruni tangga yang bertepikan jurang menganga. Bukannya rasa takut, justru kian 'memancing' adrenalin para peserta tur untuk menguji ketangkasan pribadi dan ketangguhan otot kaki. Decak kagum dan aroma kengerian bersatu lekat dengan tekad untuk merasakan langsung butir-butir air terjun. Sedikit kesalahan saja bisa berakibat fatal. Beruntung sepanjang tangga ada pegangan besi yang kokoh.
Setelah puas menikmati percikan air terjun yang mengandung mineral berenergi, rombongan pun kembali ke Denpasar membawa segudang pengalaman dan sensasi keindahan alam yang ditawarkan dalam paket wisata Agrotour Bukit Hexon. (Nia)

Paket Wisata Agrotour
1. Denpasar – Pupuan – IPSA – Bukit Hexon – Bedugul – Denpasar / Tidur 1 malam di guest house Bukit Hexon.
2. Denpasar – Bedugul – Bukit Hexon – IPSA – Pupuan – Denpasar / Tidur 1 malam di villa IPSA Desa Bengkel.
3. Denpasar – Bedugul – Bukit Hexon – Denpasar / One Day Tour.
4. Denpasar – Pupuan – IPSA – Bedugul – Denpasar / One Day Tour.

Jadwal Bukit Hexon Tour
07:40 AM = Berangkat dari Denpasar
09:00 AM = Kebun Strawberry Bedugul
09:40 AM = Menuju Bukit Hexon
10:15 AM = Coffe break di Bukit Hexon
10:40 AM = Treking di areal Bukit Hexon
12:00 AM = Makan siang di Bukit Hexon
01:00 PM = Berangkat ke Air Terjun Sekumpul
04:00 PM = Pulang ke Denpasar mampir di Pasar Bedugul
06:00 PM = Tiba di Denpasar

NB: Harga termasuk:
- Mobil + BBM + Driver + parkir fee
- Coffe break
- Tiket obyek wisata
- Guide
- Makan siang

Harga tidak termasuk:
- Asuransi
- Obat-obatan pribadi
- Tip kepada tour guide
- Pengeluaran bersifat pribadi
Reservation: Bali Meru Holydays, Jl Letda Kajeng No 21B, Denpasar, Tlp/faks (0361-263862)

KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Tur Perdana Ke Bukit Hexon

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar