Home » » Makanan Berserat Cegah Serangan Jantung

Makanan Berserat Cegah Serangan Jantung

Bahan makanan yang mengandung serat yang tinggi dan rendah lemak jenuh seperti sayuran dan buah-buahan sangat efektif untuk mencegah penyakit jantung koroner atau serangan jantung.
Pakar kesehatan gizi klinis dari Rumah Sakit Fatmawati, Dr Pauline Endang Praptini MS mengatakan dewasa ini penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian manusia di dunia termasuk di Indonesia. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, diabetes, hipertensi, merokok, obesitas serta kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi," kata Pauline kepada ANTARA.
Menurut Pauline, kasus penyakit jantung koroner di Indonesia saat ini tidak lagi terbatas pada orang usia lanjut di atas 50 tahun, namun juga menimpa kalangan usia produktif.
Hal itu terjadi lantaran pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) di warung-warung pinggir jalan, restoran dan lain-lain yang mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi.
"Makanan cepat saji pada umumnya bukan makanan pilihan dan biasanya digoreng dengan minyak yang digunakan berulang-ulang. Meski rasanya enak, tetapi kadar kolesterolnya sangat tinggi," kata Pauline.
Dikatakan, orang yang tinggal di kota dengan tingkat kesibukan yang padat rentan mengalami risiko serangan jantung karena mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
Bahan makanan yang berkadar kolesterol tinggi umumnya dari hewan seperti daging sapi, daging ayam, telur, susu, udang, kepiting, dan cumi. Sedangkan bahan makanan yang tidak memiliki kandungan koleterol yakni dari tumbuh-tumbuhan berupa sayuran dan buah-buahan termasuk tahu dan tempe yang merupakan makanan asli Indonesia dan juga ikan laut yang mengandung Omega Tiga.
Selain mengonsumsi bahan makanan yang berserat, risiko serangan jantung juga dapat dicegah dengan rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Makanan Berserat Cegah Serangan Jantung

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar