Home » » Pupuk Organik Caik Tembus Pasar Cina

Pupuk Organik Caik Tembus Pasar Cina

Pupuk organik cair produk lokal asal Surabaya mampu menembus pasar Cina, permintaan dari pasar itu kini mengalami peningkatan signifikan. "Meski beberapa komoditas produksi Indonesia, seperti tekstil dan sepatu hingga batik mengalami gempuran dari produk China yang berharga lebih murah, ternyata masih banyak celah bagi produk lokal menembus pasar dunia dan domestik," kata Wali Kota Surabaya, Bambang DH, di Seminar Inspirasi Wirausaha Taklukkan Krisis, Gali Potensi Lokal di Surabaya, belum lama ini.
Permintaan pupuk organik cair dari perusahaan pemasaran yang berkantor pusat di Guangzhou Cina tahun ini mencapai 60 kontainer per bulan. ’’Namun, saat memulai memasarkan di pasar Cina perusahaan yang berlokasi di Jalan Rungkut Industri hanya mengirimkan satu kontainer per bulan," ujarnya.
Dengan berhasilnya produk lokal itu menembus Cina, berarti kualitas produk pupuk cair buatan Surabaya sudah berhasil diakui oleh pasar di sana. Hal ini memberikan multiplier effect bagi ekonomi Surabaya. Selain pupuk cair, ungkap dia, banyak produk dari Surabaya yang mampu menembus pasar luar negeri, seperti kasur karet produksi Karangpilang yang diserap pasar AS. "Jangan dikira kasur karet itu untuk tidur saja. Di negara super power itu, ternyata produk itu untuk tidur sapi perah," katanya.
Akibat sapi perah di Amerika itu tidur di atas kasur karet, kini produktivitas susu yang dihasilkan mengalami peningkatan. Contohnya, produk lain yang juga bisa menembus pasar lokal dan asing seperti Conveyor Belt karya industri di Karangpilang.
"Dulu, produk itu selalu dipasok dari perusahaan Jepang. Kini, mampu dipasok oleh produk asal Surabaya, karena harganya lebih murah dan kuat. Ketika saya tanya rahasianya, ternyata di dalamnya diisi kasa," katanya.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Pupuk Organik Caik Tembus Pasar Cina

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar