Home » , » EM4 Genjot Produksi Ikan Lele

EM4 Genjot Produksi Ikan Lele

OLEH: AGUS SALAM
Untuk menghasilkan produksi ikan lele secara cepat dan maksimal, selain pemberian pakan agak maksimal, juga penting menjaga kesehatan ikan. Untuk itu perlu teknologi pengurai berbagai lemak dan kotoran pada kolam ikan sehingga oksigen tetap banyak, gas-gas beracun terurai dan ikan terhindar dari penyakit dan stress. ‘’Cara tepat mengurai kotoran ikan yang menjadi penghambat pertumbuhan ikan dengan perlakukan EM4 Perikanan pada kolan ikan secara rutin,’’ kata Sueng, pemilik budidaya ikan lele di Desa Cogreg, Ciseeng, Parung, Jawa Barat.
Menurut Sueng, dengan EM4 Perikanan, produksi ikan lele bisa lebih terawat. Apalagi untuk anakan lele, dengan EM4 Perikanan air tetap terjaga. Menjaga anakan ikan lele boleh dibilang gampang-gampang susah. Sulit karena anakan sangat sensitif terutama kondisi air. ‘’Saya dulu kesulitan memelihara anakan ikan lele. Hampir 5000 ribu dari 10 ribu anakan ikan lele mati karena kondisi air yang buruk. Namun dengan EM4 saya sudah merasa aman karena tingkat kematian bisa ditekan,’’ jelas Sueng.
Kepala Cabang Pemasaran EM4 Jakarta, Ir Agoes Wibisana yang secara marathon terus menggelar sosialisasi mengakui, banyak keliru perlakuan EM4 kepada anakan ele. Penggunaan EM4 Perikanan pada anakan ikan lele sebenarnya sangat mudah, namun terlebih dahulu, perlu diperhatikan kondisi air termasuk pH, suhu air. Bahkan pemberian pakan buatan mengakibatkan menumpuknya kotoran yang menimbulkan zat-zat berbahaya seperti amoniak, H2S dan lain-lain.
Karena itu Sueng secara khusus mengundang staf ahli PT Songgolangit Persada Jakarta untuk terjun langsung ke lokasi kolam ikan miliknya. Agus menyatakan, pada analisa awal, ada pH yang tidak seimbang. Kemungkinan kedua, ikan lele milik Sueng mengalami keracunan air yang mengandung amoniak, CO2, H2S dan gas berbahaya lain sehingga harus diberikan EM4. EM4 dapat mengatasi pencemaran air akibat akumulasi limbah organik.
EM4 memanfaatkan mikroorganisme yang berdampak positif untuk diinokulasikan dalam dasar kolam. Untuk meningkatkan kualitas air kolam, EM4 merubah proses pembusukan jadi proses fermentasi, dan juga meningkatkan oksigen terlarut (DO) sehingga air jadi bersih serta tidak diperlukan penggantian berulang-ulang. Dengan EM4, kualitas air di dalam kolam ikan lele tetap terjaga dan aman bagi lingkungan sekitar. Untuk mendongkrak produksi lele, air harus bersih dan terhindar dari pencemaran.
KORAN PAK OLES/EDISI 175/16-31 MEI 2009
Thanks for reading EM4 Genjot Produksi Ikan Lele

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar:

  1. Pak, saya sangat berkeinginan untuk menggunakan EM4 dalam budidaya ikan lele. Untuk di Medan dimana saya bisa membelinya

    Iwan Setiawan
    0819820720
    081370777178
    ione.setiaone@yahoo.com

    BalasHapus