Home » » Cirebon Miliki 348 Titik Percontohan Pupuk Organik

Cirebon Miliki 348 Titik Percontohan Pupuk Organik

Pemerintah Kabupaten Cirebon kini berupaya menjaga kelestarian kesuburan tanah sawah dengan memperkenalkan pupuk organik kepada petani di daerah itu. "Kami sedang melakukan percontohan pada 348 titik di 40 kecamatan tentang pentingnya menggunakan pupuk organik," kata Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Ade Hasan kepada wartawan di Sumber, Kamis (21/5).
Dengan menggunakan pupuk organik akan mengembalikan dan melestarikan kesuburan tanah.Pupuk organik itu yang terdiri dari jerami dan pupuk kadang.
Mengingat kebutuhan akan pupuk organik cukup besar, yakni satu hingga dua ton per hektare, maka dalam jangka panjang diharapkan pupuk tersebut diproduksi sendiri oleh petani. Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas tetap diperlukan pupuk an organik atau pupuk buatan, yang biasanya dibutuhkan lima kuintal per hektar. "Jadi kita ingin lahan sawah petani selain lestari juga produktivitasnya tinggi. Karena itu, pemakaian pupuk organik harus diimbangi dengan pupuk an organik," katanya.
Sifat pupuk an organik dapat mengurangi kesuburan tanah, tetapi dibutuhkan oleh tanaman padi. Untuk meningkatkan produktivitas lahan sawah juga dianjurkan para petani menggunakan varitas padi hibrida.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Cirebon Miliki 348 Titik Percontohan Pupuk Organik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar