Home » » Nikah Dini Penyebab Kanker Serviks

Nikah Dini Penyebab Kanker Serviks

Salah satu penyebab penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim, adalah pernikahan di usia muda, kehamilan yang sering, merokok, penggunaan kontrasepsi oral jangka panjang, dan infeksi menular seksual. "Mereka yang mengalami infeksi jarang menunjukan gejala pada stadium awal, dan biasanya berkembang menjadi kanker servik beberapa tahun kemudian," kata dr Reza Kamal SpOG pada seminar Kanker Serviks yang diadakan YKI Cabang Depok di Balaikota, Selasa (6/5).
Menurut dr Reza, kanker serviks uterus tersebut menyerang organ reproduksi perempuan yang menjadi pintu masuk rahim atau liang senggama (vagina). Setelah infeksi virus human papilloma (HPV) tubuh penderita tidak selalu membentuk kekebalan maka tidak terlindung dari infeksi berikutnya. ‘’Kanker serviks yang diketahui berstadium lanjut dapat mengakibatkan kerugian bagi organ tubuh di sekitarnya dan dapat menyebabkan kematian,’’ katanya.
Penularan non seksual dapat terjadi melalui penggunaan bersama pakaian yang terkontaminasi dalam jangka waktu lama. Kebanyakan infeksi HPV bertahan selama delapan bulan dan kemudian menghilang dengan sendirinya. Sesudah dua tahun, ditemukan sekitar 10% perempuan masih membawa virus aktif dalam vagina dan serviks mereka. Kanker serviks biasanya menyerang wanita telah berumur, tetapi bukti statistik bicara lain. Kanker ini lebih banyak menyerang perempuan berumur 20-30 tahun.
Reza mengatakan kanker leher rahim terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim. Tetapi sebelum sel tersebut menjadi sel kanker, terjadi beberapa perubahan. Perubahan sel tersebut, terang dia, biasanya memakan waktu bertahun-tahun sebelum sel-sel tadi berubah menjadi sel-sel kanker.
Kanker serviks memiliki gejala yang patut diwaspadai yakni pendarahan melalui vagina, keputihan, nyeri panggul, dan tidak dapat buang air kecil. Sel abnormal dapat dideteksi dengan test Pap Smear Test.
KORAN PAK OLES/EDISI 175/16-31 MEI 2009
Thanks for reading Nikah Dini Penyebab Kanker Serviks

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar