Home » » Bantuan Pupuk Organik Hambat Kreativitas Petani

Bantuan Pupuk Organik Hambat Kreativitas Petani

Kalangan Petani Jember, Jawa Timur, menilai bantuan pupuk organik yang disubsidi pemerintah dapat menghambat kreativitas para petani dalam membuat pupuk organik di masing-masing kelompok tani. Juru bicara Forum Komunikasi Petani Jember, Jumantoro, Minggu, menuturkan, banyak petani yang malas membuat pupuk organik sendiri karena bantuan pupuk organik pemerintah melalui subsidi. ’’Sebelum ada bantuan pupuk organik, petani kreatif membuat pupuk organik sendiri dengan kotoran ternak atau kompos," katanya.
Setelah ada bantuan pupuk organik, katanya, petani malas membuat pupuk organik dan tergantung dengan subsidi pupuk dari pemerintah. Kabupaten Jember mendapat jatah pupuk organik sebanyak 7.167 ton. Petani seharusnya bisa melakukan langkah inovatif dan kreatif untuk membuat pupuk organik. Sejumlah industri kecil yang membuat pupuk organik juga perlahan-lahan tutup karena hasil pupuk organik mereka tidak laku di pasaran. Beberapa industri pupuk organik petani terpaksa tutup.
Petani di Jember, katanya, sudah banyak yang menggunakan pupuk organik sehingga tidak tergantung dengan pupuk kimiawi. “Saya berharap, kebijakan pemerintah untuk memberikan subsidi pupuk organik juga perlu dikaji sehingga tidak menghambat kreativitas petani untuk membuat pupuk organik," katanya.
Secara terpisah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Ketahanan Pangan Jember, Hari Wijayadi menuturkan, penggunaan pupuk organik di Kabupaten Jember semakin meningkat, karena banyak petani yang membuat dan menggunakan pupuk organik untuk areal pertaniannya. Para petani sudah pandai dan paham tentang manfaat pupuk organik untuk lahan pertanian, kata Hari.
Setiap kelompok tani melakukan sosialisasi yang gencar terhadap pentingnya penggunaan pupuk organik sehingga ketergantungan petani terhadap pupuk urea berkurang. Hingga kini, kelompok tani sudah membuat pupuk organik sendiri, baik dari kotoran hewan atau lainnya, sehingga dipastikan tahun ini tidak akan ada kelangkaan pupuk di Kabupaten Jember. Para petani diharapkan tetap inovatif untuk menggunakan pupuk organik agar hasil panennya meningkat.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Bantuan Pupuk Organik Hambat Kreativitas Petani

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar