Home » , » EM4 Tekan 50 Persen Pupuk Kimia

EM4 Tekan 50 Persen Pupuk Kimia

OLEH: AGUS SALAM
Tidak sia-sia menggunakan EM4 di lahan pertanian dan perkebunan. Selain hasil pertanian lebih sehat dan bisa mengirit biaya pupuk kimia yang kian mahal, Yandi Kuntho dari desa Lundengan, Wuluan Jember, Jawa Timur. salah satu petani jagung yang justru sudah merasakan tingginya harga pupuk kimia. Bayangkan untuk pemupukan jagung 1 hektar diperlukan 350 kg urea/ha + 150 kg SP 36/ha + 100 kg KCL/ha. Pupuk diberikan dua tahap. Pertama; 7-10 hst (200 kg urea/ha+150 kg SP 36/ha+100 kg KCL/ha). Kedua; 30-35 hst (250 kg urea/ha).
Setelah EM4, komposisi pemupukan melalui urea, SP dan KCL bisa ditekan hingga 50% dan hasilnya tetap sama sekitar 12 ton-13 ton/hektar. ’’Manfaat penggunaan EM4 sangat dirasakan, selain irit, lahan bisa kembali subur dan produksi lebih sehat,’’ kata Khunto
Tanaman jagung memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan. Di Indonesia, jagung merupakan komoditi tanaman pangan kedua terpenting setelah padi. Di Daerah Madura, jagung banyak dimanfaatkan sebagai makanan pokok. ‘’Tanaman jagung banyak sekali gunanya, sebab hampir seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan antara lain, batang dan daun muda bisa untuk pakan ternak Batang dan daun tua (setelah panen) bisa menjadi pupuk hijau atau kompos. Batang dan daun kering bisa jadi kayu bakar, buahnya bisa buat sayurl,’’ jelas Kuntho
Untuk masyarakat Jawa Timur, menerima teknologi baru harus menunjukan hasil terlebih dahulu. Kalau belum ada hasil, para petani enggan menerapkan teknologi itu. ‘’Biasanya para petani melihat hasil lebih dahulu, kalau untung baru mereka mau memakai,’’ kata Ali, salah seorang staf marketing EM4 Jawa Timur.
Padahal, EM4 sudah dikenal petani di Jember tetapi karena kurang demplot atau hasilnya belum dirasakan dan disaksikan langsung, mereka masih enggan menerapkan. ’’Sekarang para petani jadi yakin dengan pertanian organik berteknologi EM apalagi sekarang ini harga pupuk semakin mahal di pasaran. Cara pemeliharaan tanaman jagung yang perlu diperhatikan adalah pengolahan tanah dengan pupuk bokashi. Saat pengolahan, keadaan tanah hendaknya tidak terlampau basah tetapi harus cukup lembab sehingga mudah dikerjakan dan tidak lengket sampai tanah jadi cukup gembur.
KORAN PAK OLES/EDISI 175/16-31 MEI 2009
Thanks for reading EM4 Tekan 50 Persen Pupuk Kimia

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar