Home » , » Perubahan Rokok Picu Kanker Paru-paru

Perubahan Rokok Picu Kanker Paru-paru

Menghisap rokok hari ini memiliki resiko lebih besar bagi paru-paru dibandingkan dengan beberapa dasawarsa lalu akibat perubahan dalam rancangan rokok, demikian hasil satu studi baru.
Sebanyak separuh kasus kanker paru-paru di AS mungkin disebabkan oleh perubahan itu, kata Dr. David Burns dari University of California, San Diego, pada pertemuan para peneliti tembakau baru-baru ini.
Studi yang dilansir ANTARA tersebut mendapati peningkatan satu jenis tumor paru-paru yang disebut "adenocarcinoma" lebih tinggi di Amerika Serikat dibandingkan dengan di Australia, sekalipun kedua negara itu beralih ke apa yang disebut rokok yang lebih ringan pada saat yang sama. "Penjelasan yang paling mungkin buat itu ialah perubahan pada rokok," kata Burns dalam satu wawancara. "Rokok yang dijual di Australia berisi kadar `nitrosamine` yang lebih rendah, yang dikenal dengan nama `carcinogen`, dibandingkan dengan yang dijual di Amerika Serikat."
Ia mengakui itu adalah bukti sementara yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Studi tersebut diajukan pada pertemuan Perhimpunan bagi Penelitian mengenai Nikotin dan Tembakau, mengenai perbandingan prilaku merokok pada kelompok usia yang berbeda selama empat dasawarsa --berapa banyak mereka merokok, kapan mereka memulai, kapan mereka berhenti-- dan bagaimana resiko kanker berubah.
Risiko bisul kanker sel squamous (SCC) tetap sama selama masa itu, demikian temuan Burns. Namun risiko adenocarcinoma meningkat. Itu merupakan 65 persen sampai 70 persen kasus kanker paru-paru yang baru muncul di AS tapi tak lebih dari 40 persen kanker paru-paru di Australia, katanya.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Perubahan Rokok Picu Kanker Paru-paru

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar