Home » » Purnawira PLN Ikuti Pelatihan di IPSA

Purnawira PLN Ikuti Pelatihan di IPSA

Oleh: Wayan Nita
Tak kurang dari delapan peserta purnawirawan PLN mengikuti pelatihan IPSA (Institut Pelatihan Sumberdaya Alam) di desa Bengkel, Buleleng. Angkatan 171 ini meskipun satu perusahaan tapi berasal dari unit berbeda dan berbeda daerah tugas pula. Mereka adalah Wanta KM beserta istri dari PLN Unit Assessment Centre, Jakarta Selatan. Djoko Martono dan istri (Susilowati) dari PLN Pembangkitan Tanjung Jati B, Jepara, Jawa Tengah. Serta dari PLN Pusat adalah Bambang Urip S, Sukartono Maryadi, Budi Ananto dan Linawati. Purnawirawan yang akan memasuki masa pensiun ini, bertemu dalam pelatihan pembuatan pupuk organic dan pengenalan teknologi EM4. Dipandu instruktur pelatihan, Kuntjoro Adhiyanto, kedelapan peserta dengan cermat memperhatikan cara pembuatan pupuk Bokashi Kotaku di Jl. Pulau Roti, Denpasar.
Pelatihan yang ditawarkan dari perusahaan beragam, tapi peserta angkatan 171 ini lebih memilih mengikuti pelatihan di IPSA. Seperti diungkapkan Wanta KM, karena pengembangan pertanian organik sangat diperlukan sekarang ini. Dan panggilan untuk membuat lingkungan menjadi lestari akan diterapkan dari lingkungan rumah lebih dulu.Agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar, sehingga bisa ditiru. Hal senada juga diungkapkan Djoko Martono, yang diamini sang istri. “Apalagi di kebun percontohan milik Pak Oles banyak terdapat tanaman obat yang belum pernah saya lihat. Saya jadi tertarik mengembangkannya di tempat saya tinggal,”ungap Susilowati yang juga staf di dinas kesehatan Semarang.
Pelatihan ini merupakan bekal yang akan mereka bawa dalam memasuki masa pensiun. Sebagian besar pelatihan yang diberikan tentang pengolahan limbah dapur menjadi pupuk organik. Dan juga penerapan pemakaian pupuk organik yang dibuat sendiri untuk tanaman hias maupun tanaman semusim. Dari pelatihan ini diharapkan purnawirawan mempunyai kegiatan dalam mengisi waktu luang setelah pensiun.”Daur ulang sampah organic menjadi pupuk organic bisa diaplikasikan. Selain memberi keuntungan bagi kesehatan lingkungan, juga bisa menghasilkan uang,”pungkas Bambang Urip, penggemar bongkar pasang mesin ini diikuti anggukan setuju dari rekan-rekannya.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Purnawira PLN Ikuti Pelatihan di IPSA

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar