Home » » Pemerintah Johor Serius Tekuni EM4

Pemerintah Johor Serius Tekuni EM4

Oleh: Wayan Nita
Perhatian serius pada kesehatan lingkungan, membuat pemerintah Johor Bahru terus mengikuti pelatihan EM di IPSA (Institut Pelatihan Sumberdaya Alam). Lawatan kerja khusus tentang penggunaan EM4 ini didukung penuh oleh pemerintah Johor Bahru. Kali ini adalah rombongan lawatan ke tiga dari Bandaraya Johor Bahru. Sebanyak 22 orang peserta pelatihan, ditambah satu wartawan TV3 dan tour leader. Menurut Dato’ Mohd Naim Bin Nazir, Datuk Bandar Johor Bahru, lawatan kali ini bertujuan untuk belajar tentang EM4 dan juga melihat secara langsung pengaplikasian teknologi EM dalam pengolahan limbah di hotel yang ada di bali.
Sejak tahun 2007, Bandaraya Johor Bahru sudah menggunakan teknologi EM4 dalam pengolahan limbah. Selain itu, hingga kini sudah tiga sungai besar yang melintasi Johor diberikan larutan EM untuk mengurangi kadar pencemaran air sungai. “Tanggapan masyarakat sangat bagus pada pekerjaan kami. Sehingga tak henti-hentinya kami belajar dalam pengaplikasian teknologi EM. Bahkan sudah dimulai sejak dari dalam lingkungan tempat kerja,” ungkap Dato’ Mohd Naim Bin Nazir. Sehingga masyarakat bisa melihat hasil yang bagus dari penggunaan EM, dan mereka pasti akan memulai menggunakannya di lingkungan rumah mereka.
Bahkan sekarang, sudah masuk pula di lingkungan sekolah. Para siswa diajarkan untuk menggunakan EM dalam mengolah limbah baik di rumah maupun di sekolah. Mereka juga diajak sewaktu memasukkan larutan EM4 ke sungai. Dan mereka juga diajak untuk mengamati perubahan yang terjadi di lingkungan sungai. Itu aka membuat mereka sadar pentingnya kesehatan lingkungan.
Kepedulian Dato’ Mohd Naim Bin Nazir pada kelestarian lingkungan tak lepas dari rasa bangganya pada Pak Oles. Karena pemilik nama lengkap Gede Ngurah Wididana penuh inisiatif dalam mengembangkan pertanian organic. Ilmu yang diperolehnya sejak belajar di Jepang langsung diaplikasikan untuk kesejahteraan hidup masyarakat banyak. “Selanjutnya, akan segera dikirim rombongan lawatan yang ke tiga dari Bandaraya Johor Bahru. Untuk mengikuti pelatihan di IPSA,” janji Nazir.
KORAN PAK OLES/EDISI 176/1-15 JUNI 2009
Thanks for reading Pemerintah Johor Serius Tekuni EM4

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar