Home » » Buah Labu kaya Akan Gizi

Buah Labu kaya Akan Gizi

OLEH: AGUS SALAM
Labu siam yang merupakan sayuran yang sudah tak asing lagi bagi sebagian penduduk Indonesia, biasanya, labu siam ini untuk sayuran atau lalapan. Karena harganya murah, banyak orang memandang sebelah mata dengan buah ini. Padahal ternyata, buah labu siam ini banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Sayuran merupakan makanan sehat buat jantung, mampu menangkal kanker, dan sangat baik bagi wanita hamil.
Labu Siam, dikenal dengan beberapa sebutan. Antara lain labu Jipang (Jawa Tengah), Manisah (Jawa Timur), Waluh siam (Jawa Barat) dan Kaho (Timor). Di dunia, sayuran ini disebut chayote.
Dalam kehidupan sehari-hari, labu siam dikenal sebagai sayuran buah yang menyehatkan. Buahnya bisa dimasak sebagai lalapan, sayur lodeh, oseng-oseng, atau sayur asam. Pucuk batang dan daun mudanya biasa dibuat lalap atau sayuran lainnya.
Buah labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna.
Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga makin pendek, sehingga peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.
Kandungan asam folat pada buah labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 g. Konsumsi 100 gram labu Siam cukup untuk memenuhi 23,25 persen kebutuhan tubuh akan asam folat. Buah labu siam kaya akan Kalium yang berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi dan membersihkan karbon dioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan memperlancar keseimbangan cairan.
Labu siam kaya akan vitamin B6 yang berperan dalam metabolisme protein, proses transaminasi dan deaminasi serta dekarboksilasi asam amino. Kebutuhan per hari mencapai 0,02 mg untuk dewasa, 0,015 mg untuk bayi, 0,2-1,2 untuk anak-anak dan 1,4-2 mg untuk remaja. Dan manfaat terbesar labu siam justru terletak pada kemampuan menurunkan tekanan darah tinggi. Setiap 100 gram buah labu siam mengandung kalium, natrium dengan perbandingan 62:1.
Thanks for reading Buah Labu kaya Akan Gizi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar