Home » » Membangun Mental Kaya Dengan Berbisnis

Membangun Mental Kaya Dengan Berbisnis

OLEH: DIDIK PURWANTO
Terjun dalam dunia bisnis merupakan salah satu jalan menuju sukses. Hanya saja, tidak cukup andalkan keberanian, tapi harus miliki ilmu pengetahuan yang memadai. Perpaduan antara keberanian dan ilmu dapat mengantar seseorang menjadi kunci sukses menuju seorang pebisnis sejati. Gugahan bernada motivasi itu disampaikan Pak Oles di depan peserta seminar Kewirausahaan di Politeknik Negeri Bali, belum lama ini.
Pemilik 11 perusahaan yang melejit dengan produk Ramuan Pak Oles, pertanian organik berbasis teknologi EM, produk otomotif dan media massa ini berbagi ilmu kepada 86 orang mahasiswa D3 jurusan Akuntansi tentang kunci sukses wirausaha. “Pebisnis yang berani harus mengetahui medan dan kemampuan lawan. Itu baru ada kemungkinan menang 50%,” tegas Pak Oles.
Untuk menjadi berani perlu latihan dan berbagi ilmu dengan pembimbing (istri, suami, guru, atasan, pakar dan lain-lain), bergaul dengan kelompok bisnis untuk diskusi dan mengetahui bisnis inti. Dalam berbisnis juga harus menguasai informasi, komunikasi dan teknologi (ICT). Di abad serba canggih ini, ICT dapat membantu kesuksesan dalam berbisnis, di samping etos kerja CEKI (Cerdas, Keras, dan Ikhlas), menciptakan nilai tambah, dan menghargai orang lain.
”Sifat jujur, tekun, kreatif, inovatif, sabar, rendah hati, cepat, tanggap melayani dan jiwa kepemimpinan pun menjadi modal utama. Modal ini didapat bukan dari mana-mana, tidak ada sekolahnya. Ini hanya bisa ditumbuhkan dari pribadi,” tegas alumnus Departemen of Agriculture Universitas Ryukyus Okinawa, Jepang dan American Institute Management Studies ini.
Pemberian stimulus berupa motivasi bisnis semacam ini menjadi lecutan tersendiri bagi mahasiswa yang cenderung dijejali teori untuk berani membuka lapangan kerja sendiri. “Motivasi dari tokoh pengusaha ini sengaja kita adakan rutin tiap tahun di akhir perkuliahan sebagai pembekalan mahasiswa dalam berwirausaha. Kita tidak hanya menghasilkan tenaga yang siap pakai namun bisa siap berwirausaha,” ujar I Ketut Sukayasa, SE, Ak, M.Kom, selaku ketua panitia.
Thanks for reading Membangun Mental Kaya Dengan Berbisnis

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar