Home » » Mengkudu, Tanaman Obat Multi Guna

Mengkudu, Tanaman Obat Multi Guna

Oleh: Wayan Nita
Siapa tak kenal mengkudu? Tanaman asli Indonesia yang aroma buahnya sangat tidak enak ini tumbuh di mana saja. Bahkan bisa dijadikan tanaman pelindung di halaman rumah. Tidak semua orang tahu akan khasiat tanaman obat yang berbenjol pada permukaan buah itu. Semua bagian tanaman ini bermanfaat baik daun, akar, bunga maupun buah. Mengkudu mengandung air cukup tinggi dan bila sudah masak buahnya berwarna kuning pucat sampai cokelat kemerahan.
Kulit akar mengkudu mengandung morinidin, morinidon, alligarink, methylether dan soranjidiol. Buah mengkudu mengandung protein, asam amino, enzim, vitamin C, mineral, antrakuinon, xeronin, proxeroin, scubin, terpenoid, damnacanthal, asperuloside dan alizarin. Daunnya mengandung protein, zar kapur, zat besi, karoten dan asam askorbat. Bunga mengandung glikosida antrakuinon.
Daun mengkudu bermanfaat untuk mengobati amandel, menghilangkan rasa mulas, mengatasi disentri, meredakan demam, menghilangkan rasa mual dan muntah serta mengatasi diabetes mellitus (kencing amnis). Buah untuk mengobati tekanan darah tinggi, obat kecacingan, batuk dan diabetes.
Selain itu, buah mengkudu digunakan sebagai antiseptik, menguatkan tulang, membersihkan darah, peluruh kemih dan mengatasi asma. ”Masyarakat tidak perlu bingung di mana mendapatkan buah mengkudu untuk pengobatan. Karena sekarang telah tersedia minuman yang terbuat dari sari mengkudu yang dijual bebas di pasaran,” ujar dr Adji Suranto, SpA.
Selain daun, bunga dan buah, kulit batang mengkudu digunakan sebagai antiseptik, mengobati borok, menyembuhkan luka dan tonikum. Akarnya untuk mengobati penyakit disentri, sebagai tonikum dan meredakan demam.
Thanks for reading Mengkudu, Tanaman Obat Multi Guna

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar