Home » » SEEDS Memberdayakan Rakyat Dengan EM

SEEDS Memberdayakan Rakyat Dengan EM

EM Sri Lanka
OLEH: INDAH WULANDARI

Teknologi EM dikembangkan Sri Lanka sekitar tahun 1996-1997 lewat program Sarvodaya Movement yang diprakarsai SEEDS (Sarvodaya Economic Enterprise Development Service). SEEDS merupakan organisasi sosial milik swasta (non governmental organization) yang diperkuat jaringan Parlemen Rakyat Sri Lanka. Organisasi ini menjadi tempat bersatunya ide-ide rakyat untuk memberdayakan masyarakat Sri Lanka.
Langkah yang ditempuh SEEDS nampaknya hasil refleksi dari visi dan misi organisasi yang berdiri sejak 1958, yakni mewujudkan kesejahteraan hidup tanpa kemiskinan dengan misi mengurangi kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi. Salah satunya lewat bidang pertanian dengan menggandeng EMRO (EM Research Organization).
Pemilik hak paten teknologi berbasis alami ini memberikan kepercayaan pengembangan teknologi EM serta pemasaran produk EM di Sri Langka pada Dr AT Ariyarathne. Sistem pengembangan dimulai dari jaringan sosial Sarvodaya. Sedangkan sistem penjualan dilakukan secara internal (Nippon, Norad, Novatise) dan eksternal yang menyasar kalangan petani, pemilik perkebunan, hotel-hotel, peternakan serta perikanan.
Promosi pada masyarakat luas pun dilakukan dengan menyebar leaflet dan poster. Pada tahun 2000, pengembangan produk mulai dilakukan dengan merilis EM5, EM Standard Bokashi, EM Straw Bokashi. Karena perkembangannya mulai bagus dan bisa mandiri maka sejak 1 Juni 2005, SEEDS lebih fokus menangani promosi dan pemasaran EM1. Unsur edukasi publik turut diberikan melalui pelatihan aplikasi teknologi EM.
Program pelatihan terdiri dari pembuatan kompos, pembuatan pupuk Bokashi, ekstrak EM, dan EM5. Pengaplikasian EM dipraktekkan pada perkebunan bunga, kebun teh serta untuk mengurangi bau tak sedap yang terdapat di peternakan. Konsultasi diberikan para ahli mengenai manajemen pengolahan limbah, bio sanitasi di pabrik teh, pertanian organik serta aplikasi EM untuk tanaman teh, karet, dan kakao.
Saat ini, unit teknologi EM SEEDS dikepalai Dr. Sunil Liyanage, direktur Divisi Pelatihan. Ia mendapat dukungan dari para ilmuwan Sri Lanka dan staf ahli EM Dr JC Krishnarathne. Keeratan jaringan pengembangan EM Sri Lanka makin memperkuat citra teknologi EM. Nantinya bidang pengolahan limbah industri tak luput menjadi rencana program SEEDS.
Thanks for reading SEEDS Memberdayakan Rakyat Dengan EM

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar