Home » » Timun Berkhasiat Menurunkan Hipertensi

Timun Berkhasiat Menurunkan Hipertensi

OLEH: AGUS SALAM
Bicara acara bisanya yang terbayang salahsatunya buah mentimun. Ketimun memang tidak asing lagi. Sayuran ini banyak dibudidayakan baik di ladang, di halaman rumah. Buahnya bisa dimakan mentah (acar, rujak, lalap) , direbus, dikukus atau disayur. Banyak jenis ketimun di pasar seperti timun biasa, ketumun krai, ketimun kuwu, ketimun poan, ketimun watang ada juga ketimun Jepang dan lain-lain.
Yang menarik, buah ketimun ini dapat menurunkan Hipertensi. Caranya, dua buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Minum sekaligus, lakukan 2-3 kali sehari. Buah tanaman bernama latin Cucumis sativus L ini mengandung saponin, enzim proteolitik, glutation. Timun dikatakan juga mengandung 35.100- 486.700 ppm asam linoleat.
Saponin merupakan senyawa surfaktan. Berbagai hasil penelitian disimpulkan, saponin bersifat hipokolesterolemik, imunostimulator dan anti karsinogenik. Glutation merupakan anti oksidan endogen dalam tubuh untuk menangkal oksidatif akibat senyawa radikal bebas atau karsinogen. Sifat oksidatif dari glutation mampu melakukan peroksidasi terhadap radikal bebas dalam tubuh.
Asam linoleat termasuk asam lemak esensial yang ada dalam lemak nabati maupun hewani. Bentuk asam lemak linoleat terkonyugasi (conjugated linoleic acid=CLA) bersifat anti kanker. Dari sumber elektronik diketahui, biji ketimun mengandung CLA yang bersifat anti oksidan, dan dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas.
Penelitian di Food Research Institut, Departement of Food Microbiology, University of Winconsin-Madison menyatakan, CLA dapat menghambat terjadinya karsinogenesis, aterosklerosis, mengurangi lemak tubuh dan menstimulasi pertumbuhan tikus muda. Dari tanaman, kandungan CLA ada dalam biji bunga matahari dan kedelai.
Secara prinsip, suatu antioksidan dapat bekerja sebagai anti karsinogenik dengan menurunkan tingkat stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan keadaan di mana radikal bebas oksigen dibentuk dalam jumlah sangat banyak sehingga tubuh tidak mampu meniadakan efek dan menimbulkan kerusakan jaringan. Karena timun dan biji kaya akan senyawa antioksidan, maka ia bisa berperan menangkal terjadinya penyakit kanker atau degeneratif.
Thanks for reading Timun Berkhasiat Menurunkan Hipertensi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar