Home » » Bertambah, Penderita HIV Asal Lombok Tengah

Bertambah, Penderita HIV Asal Lombok Tengah

OLEH: HERNAWARDI
HIV dan AIDS rupanya penyakit yang bisa mengancam siapa dan di mana saja. Selain warga kota, juga bisa menyebar ke daerah-daerah terpencil sekalipun. Di Lombok Tengah (Loteng) misalnya, hasil pendataan yang dihimpun Dinas Kesehatan Loteng hingga Desember 2007 tercatat 12 warga terserang HI/AIDS.
Dari jumlah itu, 9 orang dinyatakan terserang HIV dan tiga lainnya positif AIDS. Data bagi penderita HIV/AIDS tersebut diperoleh dari hasil tes darah terhadap penderita. Sayangnya, data lengkap para penderita penyakit ini tidak bisa diumumkan. Karena hal ini menyangkut kerahasiaan penderita dan sangat berpengaruh pada kehidupan penderita dan keluarga.
Namun Dinkes Loteng seperti disebutkan Kasubdin P2P dr I Wayan Sudarma, secara kontinyu melakukan upaya pencegahan dengan penyuluhan dan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat.
Penanganan penderita HIV/AIDS sangat sepesifik dan beda dengan penderita penyakit lain. Misalnya para penderita secara tersembunyi mendatangi dokter ahli untuk konsultasi. Sudarma meminta agar masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap penyakit mematikan ini. Caranya dengan menghindari pergaulan bebas dan penggunaan jarum suntik sembarangan.
Thanks for reading Bertambah, Penderita HIV Asal Lombok Tengah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar