Home » » Wisata Asri Di Tengah Kota Surabaya

Wisata Asri Di Tengah Kota Surabaya

OLEH: WURI WIGUNANINGSIH
Bila memasuki areal wisata Taman Flora, Kebun Binatang Surabaya atau Taman Prestasi, rasanya tidak seperti tinggal di kota Surabaya. Karena di tempat-tempat ini, kita tidak akan menemui udara yang penuh polusi, panas dan kebisingan kendaraan bermotor. Tidak salah jika daerah ini menjadi tempat wisata yang murah dan meriah bagi warga Surabaya. Selain berwisata, bagi anak-anak dan pelajar, tempat-tempat ini bisa dijadikan sebagai ajang pembelajaran. Karena unsur pendidikan terlihat jelas disuguhkan oleh pengelola bagi para pengunjung.
Sebut saja Taman Flora yang terletak di Jalan Ngagel. Sesuai namanya, di sini tersedia berbagai macam jenis tanaman. Mulai dari yang besar hingga kecil. Selain itu pengelola, dalam hal ini Dinas Pertamanan Pemkot Surabaya membangun beberapa permainan layaknya out bond mini di tengah kota. Setiap akhir pekan dan hari libur, taman yang dikenal sebagai kebun bibit ini selalu dipenuhi pengunjung. Khususnya rombongan pelajar baik dari Surabaya maupun luar Surabaya yang belajar mengenal aneka jenis tanaman. Jika mereka datang rombongan, pengelola menyediakan pembimbing.
Untuk pelajar TK dan SD, umumnya mereka datang untuk bermain out bond dan mengenal alam lingkungan sekitarnya. Tempat ini juga sering digunakan untuk lomba menggambar atau kegiatan alam lainnya. Unsur pendidikan semakin terlihat lagi, karena di tengah taman disediakan perpustakaan umum gratis bagi pengunjung. Di sisi lain dari taman ini, terdapat tempat pengolahan sampah kompos Bratang. Daerah semakin terlihat asri, karena di sekitar Taman Flora ada pasar bunga dan pasar tradisional. Sehingga sampah yang berasal dari pasar tradisional dan Taman Flora, diolah menjadi kompos. Hasilnya, digunakan kembali oleh Taman Flora dan dijual pada penjual bunga dan tanaman hias di pasar bunga Bratang. Bagi pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk masuk Taman Flora ini.
Jika di Taman Flora pengunjung diajak mengenal berbagai macam jenis tanaman yang ada di alam ini, sedangkan di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pengunjung dapat mengenal berbagai macam fauna. Di akhir pekan atau hari libur, KBS dapat dipastikan dipenuhi pengunjung. Seperti halnya di Taman Flora, bila memasuki KBS yang letaknya di tengah kota, kita tidak akan mendengar kebisingan kendaraan bermotor. Yang terdengar hanyalah suara binatang yang bersahut-sahutan. Selain itu juga suasana asri dan rindang dapat ditemui di daerah yang berdekatan dengan terminal Wonokromo ini.
Berbagai atraksi yang melibatkan hewan sering diperagakan di tempat ini. Misalnya gajah yang berjalan-jalan atau pengunjung diperlihatkan bagaimana hewan-hewan tersebut makan. Khususnya hewan-hewan buas. Di tengah arena juga disediakan tempat yang digunakan untuk keluarga atau rombongan yang melakukan wisata. “Kalau teori, sudah kita berikan di kelas. Sekarang praktik di lapangan dengan menunjukkan berbagai macam hewan. Ya, sebagai hiburan, kita membuat permainan di tengah taman sambil makan istirahat,” kata Anton, salah seorang guru pembina.
Thanks for reading Wisata Asri Di Tengah Kota Surabaya

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar