Home » » Fotografi Edward Sheriff Curtis

Fotografi Edward Sheriff Curtis

Usung Keunikan Suku Asli Amerika
OLEH: AGUS SALAM
Fotografer dan etnografer terkemuka Edward Sheriff Curtis membuat sebuah catatan yang tak tergantikan mengenai lebih dari 80 suku asli Amerika Utara yang dipublikasikan untuk pertama kalinya antara tahun 1907 dan 1930, yang setelah sempat dilupakan selama beberapa abad. Kini mengalami kebangkitan kembali.
Pameran fotografi yang unik ini, menelusuri keragaman yang luar biasa di antara suku bangsa asli Amerika, kebudayaan dan sejarah mereka, keragaman masyarakat Amerika, yang terukir dalam teknik fotografi yang dicapai Edward S.Curtis dalam bidang teknis dan Estetika. Dua pameran serupa menampilkan 60 gambar fotografi seni murni oleh Curtis dengan kualitas museum sedang diadakan di berbagai negara pada 2005-2008. Gambar-gambar tersebut merupakan representasi sejumlah wilayah dengan kebudayaan dan geografi yang berbeda, karena Curtis mengabadikan dan melukiskan cita rasa seninya dalam fotografi Potret, Lanskap dan fotografi yang menjadikan benda mati sebagai obyek (Still Life).
Karya yang menakjubkan ini, diambil dari arsip dan koleksi pribadi Christopher Cardozo, yang dikenal luas sebagai salah satu pakar ternama dunia yang ahli soal Curtis dan fotografinya. Dalam foto-foto tersebut, salah satunya menggambarkan tentang kerajinan tangan suku Qahatika yang menunjukan keterampilan yang tinggi, khususnya untuk barang-barang tembikar yang telah dibuat dalam banyak bentuk.
Dalam foto tersebut juga, ada beberapa pakaian yang dikenakan suku Hopi primitif berupa selendang katun yang tidak dicelup pewarna, disilangkan di bawah lengan kiri dan dikaitkan ke bahu kanan atas. Pada acara khusus, wanita mengenakan alas kaki dari kulit rusa dan sangat eksotis.
Ada lagi foto yang bertema kehidupan primitif, Curtis yakin, beginilah kehidupan Suku Apache sebelum orang Eropa datang ke Amerika. Ada lagi karya Curtis menggambarkan suku yang lenyap dan foto ini merupakan metafora visual bagi konsep inti yang mendasari keseluruhan proyek Curtis selama 30 tahun. Dan tujuan utama Curtis untuk membuat dokumentasi tentang para penduduk asli, sebelum mereka benar-benar lenyap untuk selamanya.
Seabad lalu, gambar ini merupakan karya Curtis yang paling terkenal. Kini gambar ini masih merupakan karya klasik yang sangat dicari-cari. Pameran foto yang unik ini diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri AS. Tujuan utama penyelenggaraan pameran ini, untuk mengenang suku asli bangsa Amerika, terutama sejarah dan kebudayaannya. Pameran ini sekaligus juga diadakan untuk menghormati fotografer dan etnograter ternama Edward S. Curtis dan melukiskan keberagaman suku-suku di Amerika Utara yang luas dan luar biasa.
Thanks for reading Fotografi Edward Sheriff Curtis

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar