Home » » Madu Lengkukun, Sekali Panen 300 Botol

Madu Lengkukun, Sekali Panen 300 Botol

OLEH: HERNAWARDI
Ardi_31@yahoo.com

Ketekunan dan keuletan warga Dusun lengkukun, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara untuk budidaya lebah madu patut dihargai. Sayangnya hingga kini belum serius perhatian pemerintah terhadap para petani madu. Sebagai gambaran, perkembangan anggota petani lebah madu di Dusun Sengkukun sejak tahun 2000 tercatat 58 orang, dan terus bertambah seiring dengan kian banyaknya minat masyarakat untuk menggeluti budidaya lebah. Faktanya, setiap tahun, petani lebah madu di dusun tersebut bisa panen hingga tiga kali.
Kadus Sengkulun, Rapaun menuturkan, setiap panen bisa menghasilkan madu hingga 300 botol. Meski dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan jarang melakukan pembinaan, namun petani setempat tetap berusaha secara swadaya. ‘’Pembinaan memang sudah dilakukan, namun sejak tahun 2000 hingga 2003, tidak ada lagi pembinaan. Padahal anggota sangat mengharapkan motivasi,’’ kata Rapaun.
Kelompok petani lebah madu Lengkuan sering mendapat kesempatan untuk dikunjungi para petani madu dari daerah lain seperti Lombok Timur, Banten, Jatim dan Kalimantan Selatan. Rapaun mengatakan, jika pembinaan pemerintah tak sering dilakukan, bisa berdampak pada hasil panen. Berbicara keaslian dan kemurnian madu dari Sengkukun ini, kelompok tani memiliki aturan adat tersendiri. Jika ada anggota ditemukan berani mencampur madu dengan bahan lain, didenda dengan harga madu yang dicampur dan dikeluarkan dari keanggotaan.
Thanks for reading Madu Lengkukun, Sekali Panen 300 Botol

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar