Home » » Jadikan Anggrek Mata Dagangan Dunia

Jadikan Anggrek Mata Dagangan Dunia

Indonesia memiliki sumber daya lahan dan iklim yang sesuai untuk budi daya tanaman anggrek "Selain itu Indonesia juga memiliki kekayaan genetik anggrek yang sangat besar," kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Anggrek Indonesia (DPP PAI), Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika membuka kegiatan "Indonesia Orchid Show 2008" di Denpasar.
Ia mengatakan, dari seluruh spesies anggrek di dunia maka sepertiga di antaranya atau 5.000 spesies dari Indonesia, yang tumbuh hampir merata di seluruh kepulauan di tanah air. "Saya berharap peluang yang dimiliki oleh bangsa kita dapat dimanfaatkan sehingga menjadi pemain utama di perdagangan anggrek internasional," katanya dilansir ANTARA.
Pengembangan dan budi daya anggrek akan dapat mengangkat perekonomian masyarakat, sebab anggrek sangat potensial sebagai mata dagangan dunia.
Ibu Mufidah mengatakan, pembangunan industri anggrek Indonesia diharapkan dapat memberikan sumbangan nyata terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif yang telah dicanangkan secara nasional.
"Industri anggrek ke depannya mampu menciptakan jenis-jenis baru, seperti bisnis perangkai bunga, penyewaan tanaman, sarana produk anggrek dan lainnya," ucapnya.
Usai membuka acara IOS-2008, Ibu Mufidah Jusuf Kalla meninjau pameran yang diikuti sekitar 120 stand berasal dari daerah di Indonesia serta empat negara asing, yaitu Singapura, Jepang, Malaysia dan Taiwan.
Sementara Ketua Panitia Pelaksana IOS-2008, Ny Rossi Anton Apriyantono mengatakan ada sekitar 20 persen atau 5.000 spesies anggrek dunia tumbuh di tanah air. “Karena itu penganggrek dunia mengagumi anggrek Indonesia," ucapnya.
Menurut Ny Rossi, anggrek spesies maupun silangan termasuk juga hibrida yang terkenal di dunia merupakan hasil silangan dari Indonesia. Namun demikian hasil karya penyilangan tersebut hingga saat ini belum begitu dikenal.
"Sekitar 110.000 hibrida yang telah tercatat di Royal Horticultural Society Inggris, baru sedikit anggrek hibrida hasil karya penyilang anggrek dari Indonesia," katanya.
Hal tersebut menjadi suatu tantangan dan kesempatan yang harus dijawab melalui kerja keras, melibatkan seluruh pemangku kepentingan (steakholder), baik pemerintah maupun swasta.
IOS-2008 bertemakan "Mengangkat Potensi Anggrek Silangan dalam Negeri mendukung Industri Peranggrekan Nasional". Dengan tema tersebut menjadi suatu motivasi bagi warga penggemar, pencinta dan pengamat anggrek mampu membudidayakan tanaman tersebut.
KPO/EDISI 162/NOVEMBER 2008
Thanks for reading Jadikan Anggrek Mata Dagangan Dunia

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar