Home » » Harga Obat Akan Naik 5-10 Persen

Harga Obat Akan Naik 5-10 Persen

Harga obat-obatan generik dan paten diperkirakan akan mengalami kenaikan sekitar 5-10 persen dalam dua bulan mendatang, akibat melemahnya nilai tukar rupiah menyusul krisis keuangan global. "Kemungkinan dua bulan mendatang harga obat-obatan akan mengalami kenaikan dan mudah-mudahan kenaikannya tidak terlalu tinggi. Paling tinggi antara lima sampai 10 persen,” kata Pengurus Himpunan Pedagang Farmasi dan Pasar Pramuka (HPF& PP), Aldi, di Jakarta, Rabu (22/10).
Aldi yang juga pedagang obat di Pasar Pramuka itu mengatakan sampai pertengahan Oktober ini harga obat-obatan masih stabil. Diakuinya ada kehawatiran dari kalangan penjual obat-obatan akan terjadi kenaikan harga, karena sebagaian besar bahan baku obat-obatan masih diimpor dari luar negeri.
Perdagangan obat di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, sendiri tetap ramai dikunjungi para pembeli baik yang berasal dari wilayah Jakarta maupun luar daerah. Obat-obatan yang dijual di pasar grosir obat-obatan Pramuka berasal dari pabrikan dan distributor obat di seluruh Indonesia dengan sistem pembayaran berdasarkan cara konsinyasi atau langsung dengan giro.
Sekitar 250 pedagang obat di pasar tersebut terhimpun dalam Himpunan Pedagang Farmasi dan Pasar Pramuka (HPF& PP) yang setiap bulan melakukan pertemuan untuk membahas berbagai keluhan pedagang dan berbagai masalah yang menyangkut obat-obatan. Berbagai obat-obatan generik dan paten tersedia di pasar obat-obatan terbesar di wilayah Jakarta itu.
Aldi juga mengingatkan kepada calon pembeli obat agar tidak membeli obat melalui calo, karena dikhawatirkan obat yang ditawarkan adalah obat palsu dengan harga murah. Untuk itu ia menyarankan agar pembeli langsung berhubungan orang yang ada di dalam kios, karena orang-orang yang ada di luar kios biasanya tidak bisa dipercaya. "Obat yang dibeli langsung dari orang yang ada di dalam kios, akan bisa dipertanggung-jawabkan keasliannya,” demikian Aldi.
KPO/EDISI 162/NOVEMBER 2008
Thanks for reading Harga Obat Akan Naik 5-10 Persen

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar