Home » » Kelinci EM4 Lebih Cepat Berkembang

Kelinci EM4 Lebih Cepat Berkembang

Penelitian
OLEH: AGUS SALAM

Jarum (28), salah satu karyawan PT Songgolangit Cabang Magelang. Pertumbuhan kelinci lebih cepat dan cepat pula berkembang biak. Bukan sekedar iseng belaka memelihara kelinci di depan kantor pemasaran EM4 di Jalan Pahlawan No. 81 Prajenan, Mertoyudan, Magelang, tetapi semacam demplot agar peternak kelinci yang banyak tersebar di kota Megelang yakin bahwa produk EM4 peternakan mampu meningkatkan pertumbuhan kelinci. Baru tiga bulan saja kelinci sudah besar-besar dan sudah berkembang biak.
Menurut Jarum, memelihara kelinci gampang-gampang susah. Kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh perhatian dan perawatan peternaknya. Jenis, jumlah dan mutu makanan yang diberikan sangat menentukan pertumbuhan, kesehatan dan perkembangbiakannya termasuk memberikan minum dengan EM4. Makanan kelinci yang baik adalah yang terdiri dari sayuran hijau, jerami, biji-bijian, umbi dan konsentrat. Makanan hijau yang diberikan antara lain semacam rumput lapangan, sayuran seperti kangkung dan wortel, daun pepaya, daun talas dan lain-lain.
‘’Sayuran hijau yang akan diberikan pada kelinci ini kalau bisa telah dilayukan dan jangan dalam keadaan segar. Proses pelayuan selain untuk mempertinggi kadar serat kasar, juga untuk menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang atau mencret,’’ kata Jarum
Dengan rutin memberikan minuman yang telah difermentasi dengan EM4, kelinci terlihat sangat sehat. ‘’Ciri-ciri kelinci sehat bisa dilihat dari penampilannya yang lincah, serta mata yang tajam tidak layu,’’ katanya. Kandang yang dipakai sebaiknya berukuran minimal 60 x 40 sentimeter untuk seekor kelinci. Kandang itu harus bersih, tidak lembab, cukup penyinaran, dan anam dari makhluk predator semisal musang, tikus, dan ular.
Penyakit yang sering diderita kelinci adalah scabbies, sejenis kudis di kulit yang amat gatal. Penyakit ini biasanya muncul bila ia berada di tempat yang lembab tapi bisa diatasi dengan Minyak Oles Bokashi.
Kebanyakan kelinci yang dipotong dan dimasak begitu adalah yang berasal dari Selandia Baru atau Australia. Jenis lain adalah Flaam Reuss yang berasal dari Eropa. Biasanya berat kelinci ini mencapai 5-6 kg per ekor. ‘’Sebenarnya semua jenis kelinci bisa dipotong, tapi orang sayang karena bulu yang menarik dan binatangnya lucu. Jadi, kelinci dipelihara saja,’’ katanya.
KPO/EDISI 161/OKTOBER 2008
Thanks for reading Kelinci EM4 Lebih Cepat Berkembang

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar