Home » » Untung Besar Tanam Sayuran Organik

Untung Besar Tanam Sayuran Organik

Potensi pasar sayuran organik sangat besar di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat pada kesehatan, sehingga bisa menambah pendapatan para petani. Hal itu diungkapkan pelaku usaha sayuran organik, Dwiyono Subedo, saat ditemui Antara di gerai Dinas Pertanian pada pameran pembangunan di Magetan, Jawa Timur Jatim, Minggu (19/10). ‘’Saat ini sudah banyak orang yang meminta saya membuka gerai khusus sayuran organik,’’ kata Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian Kecamatan Nguntoroadi Simbatan, Kabupaten Magetan itu.
Sejak Maret 2008, ia melakukan penanaman sayuran dalam "polyback" dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Usaha itu ternyata memberi dampak penghematan biaya hidup, di samping menyehatkan.
Sesuai pengalaman menanam sayuran di lahan pekarangan, ia mampu menekan biaya hidup Rp100 ribu per bulan yang biasanya digunakan untuk membeli sayur mayur.
Bahkan, ia berhasil menambah penghasilan dari hasil panen sayuran organiknya itu yang sebagian disisihkan dalam bentuk tabungan untuk anaknya. Anaknya pun diminta membantu menyiram tanaman sayuran tersebut.
‘’Tabungan anak saya sejak Maret sudah terkumpul Rp 1 juta. Saya ingin uang tabungannya cukup untuk membeli motor yang bisa digunakan untuk kepentingan tanaman sayuran organiknya,’’ ujarnya.
Menurut Dwiyono sayuran organik mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan sayuran non organik. Ia mencontohkan sawi organik bisa dijual Rp 1.000 per ikat, sawi non organik lebih rendah. Harga tomat organik Rp 7.000 per kg (dua kali lipat dari harga tomat non organik). Modal untuk menanam sayuran organik, juga lebih murah karena hanya mengeluarkan biaya membeli polyback dan polyback bisa digunakan berulang-ulang. Pupuknya menggunakan tanaman seperti daun mimba, daun mauni, daun tembakau dan gadung.
Saat ini Dwiyono sudah menghasilkan tomat, kangkung, sawi, cabe, bayam dengan cara ogranik. ‘’Tomat yang saya tanam di 100 polyback bisa panen 100 kilogram,’’ ujar Dwiyono.
Selain dikonsumsi sendiri, hasil panen sayuran organik itu juga ia bagi ke petani lainnya agar mereka mau mengikuti jejak dirinya. Saat ini, kata Dwiyono, baru sekitar 4 petani yang mengikuti jejaknya. ‘’Saya sudah memberikan penjelasan kepada petani-petani yang tergabung dalam kelompok tani Sri Rejeki. Tapi belum banyak yang tertarik,’’ ujarnya.
KPO/EDISI 162/NOVEMBER 2008
Thanks for reading Untung Besar Tanam Sayuran Organik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar