Home » » NTB Menuju `Destination Image`

NTB Menuju `Destination Image`

Dinas Kebudayaan dan Pariwisara (Budpar) Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang berupaya menciptakan `destination image` guna menarik wisatawan sebanyak-banyaknya berkunjung ke daerah ini.
Kepala Dinas Budpar NTB, Lalu Gita Aryadi mengatakan, untuk menciptakan daerah ini sebagai daerah tujuan wisata yang memiliki kesan baik, maka media massa diharapkan jangan terlalu banyak mengekspose berita-berita yang berbau kriminal.
"Wartawan jangan terlalu banyak memberitakan hal-hal yang berbau kriminal yang bisa menciptakan kesan bahwa seakan-akan NTB tidak aman, sehingga wisatawan merasa ragu dan takut berkunjung ke daerah ini," ujarnya dilansir ANTARA.
Gita berharap seluruh lapisan masyarakat untuk ikut menciptakan situasi yang kondusif agar turis yang berlibur merasa aman dan nyaman, sehingga mereka merasa betah tinggal lama di daerah ini.
Gita mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke NTB jangan hanya menikmati empuknya kasur hotel, tetapi lebih banyak mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di daerah ini. "Karena itu kami akan meningkatkan koordinasi dengan kabupaten/kota khususnya dalam hal pengembangan obyek wisata, sehingga wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut," ujarnya.
Di NTB terdapat 15 kawasan wisata, sebanyak sembilan di antaranya berada di Pulau Lombok dan enam di Pulau Sumbawa. Mengenai pemanfaatan obyek wisata Bangko-Bangko di Sekotong, Lombok Barat yang dikenal dengan ombaknya yang cocok untuk papan selancar atau surfing, dia mengatakan, itu akan dibicarakan dengan pihak Pemprov Bali.
Pihak Dinas Budpar NTB akan membicarakannya dengan Pemprov Bali, karena para pelaku pariwisata dari Pulau Dewata tersebut banyak yang menjual paket wisata Bangko-Bangko kepada wisatawan dan setelah bermain selancar mereka kembali untuk menginap di Bali.
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) NTB setiap bulan, selama tujuh bulan terakhir, angka kunjungan wisatawan ke NTB rata-rata mencapai 14.650 orang. Wisatawan tersebut lebih banyak wisatawan nusantara (wisnu), yakni sebanyak 11.170 orang, sementara wisman 3.470 orang dengan rata-rata lama menginap pada bulan Juli 2008 selama 2,98 hari, meningkat 0,25 hari dibanding sebulan sebelumnya.
Menurut data, pada Juli 2008, angka kunjungan wisatawan mencapai 18.625 orang atau mengalami peningkatan 13,31 persen dibanding sebulan sebelumnya sebanyak 16.437 orang. Namun bila dibandingkan kunjungan wisatawan pada bulan Juli 2007 sebanyak 19.620 orang, mengalami penurunan karena lebih rendah 5,07 persen.
KPO/EDISI 162/NOVEMBER 2008
Thanks for reading NTB Menuju `Destination Image`

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar