Home » » Produk Indonesia Miliki Daya Saing

Produk Indonesia Miliki Daya Saing

OLEH: AGUS SALAM
Dari 105 negara pembeli, lima negara tercatat melakukan transaksi dagang 46,66 juta dolar AS dan 100 negara lain mencapai 93,7 juta dolar AS. Kelima negara dengan total transaksi bisnis 46,66 juta dolar AS itu adalah Spanyol berada di posisi pertama dengan transaksi terbesar (14,81 juta dolar AS), Jepang (11,04 juta dolar AS), AS (8,81 juta dolar AS), Jerman (6,47 juta dolar AS) dan Perancis (5,53 juta dolar AS).
Demikian Sekretaris Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) Deperdag D Hidayat , pada pameran Trade Expo Indonesia 2008, di Hall D, Jakarta International Expo 2008.
Menurut Hidayat, lima dari 21 kelompok produk yang dihadirkan pada PPE 2007 tercatat transaksi 117,58 juta dolar AS. Furnitur mencatat transaksi terbesar dengan nilai 75,77 juta dolar AS, produk gifts and crafts (17, 84 juta dolar AS), glassware, ceramics dan produk plastik (9,75 juta dolar AS), machineries (7,44 juta dolar AS), agiculture and fisheries (6,78 juta dolar AS) dan produk lain (22,78 juta dolar AS).
Trade Expo Indonesia 2008 ke-23 merupakan pameran dagang B2B (business to business) berskala internasional yang menjadi mediator dan fasilitator bagi produsen nasional maupun para pembeli. Sebagai kelanjutan dari tema periode 2006-2010 Serving the Global Market, tema tahun ini adalah Apa Jadinya Dunia Tanpa Indonesia?.
Kepala BPEN, Bachrul Chairi SE MBA mengatakan, Trade Expo Indonesia lebih dari sekedar memamerkan produk bermutu tetapi juga promosi branding dengan produk bermutu yang dibuat di Indonesia. Berbagai produk ekspor non komoditas siap pakai dipamerkan. Antara lain, perhiasan dan aksesoris, perlengkapan kantor dan kertas, produk kulit dan tekstil, hortikultura, elektronik dan furnitur. Juga jasa kreatif seperti animasi, teknologi informasi dan fotografi.
KPO/EDISI 162/NOVEMBER 2008
Thanks for reading Produk Indonesia Miliki Daya Saing

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar