Home » » Contohlah Cina Dalam Basmi Koruptor

Contohlah Cina Dalam Basmi Koruptor

Transparency International (TI) mencatat bahwa ada trend positif pemberantasan korupsi di Indonesia. Indeks yang dibukukan TI mengingkat dari 2,73 pada tahun 2007 meningkat menjadi 2,68 pada tahun ini (Metro TV, 30/9/08). Namun posisi Indonesia masih tercecer pada nomor seratus lebih. Ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat peningkatan pemberantasan korupsi, namun predikat sebagai negara terkorup belum mau beranjak. Sementara negara lain mulai memperbaiki diri.
Trend positif ini tentu tidak perlu disambut dengan kebanggaan. Korupsi menjadi penyakit paling akut yang diderita bangsa ini dan dilakukan oleh orang-orang yang mengaku beragama. Beberapa kasus kejahatan korupsi di kalangan para politisi (anggota DPR) justru dilakukan oleh orang-orang yang berangkat dari “partai agama”.
Korupsi ibarat budaya yang telah mendarah daging bagi bangsa ini. Menghilangkan budaya merupakan persoalan yang sangat sulit, karena ia telah melalui proses panjang. Budaya korupsi telah melewati proses sosialisasi, enkulturasi dan internalisasi. Sosialisasi melalui praktek kehidupan sehari-hari, enkulturasi berarti masyarakat membiasakannya, dan internalisasi artinya menjadi bagian dari hidupnya.
Memutus mata rantai budaya korupsi tentu sangat sulit dilakukan, hukuman seberat apapun belum tentu mampu menghilangkan budaya korup. Namun membiarkan korupsi tanpa ada upaya yang jelas sama artinya membunuh bangsa perlahan namun pasti. Harus ada upaya pencegahan yang mampu memberi efek kejut (shock therapy) dan kemudian menimbulkan efek jera bagi pelakunya.
Cina yang menjadi negara terkorup di dunia telah melakukan loncatan yang luar biasa dalam memutus mata rantai kejahatan korupsi dengan menerapkan hukuman mati. Hukuman mati yang diterapkan mampu membuat efek jera pada para koruptor di negeri tersebut. Tentu bangsa ini perlu belajar dari negara lain dalam pemberantasan korupsi.
(Komentar: Sukron Ma’mun, tinggal di Jl. Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta).
KPO/EDISI 162/NOVEMBER 2008
Thanks for reading Contohlah Cina Dalam Basmi Koruptor

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar