Home » » Banyak Informasi Obat Imun Kurang Akurat

Banyak Informasi Obat Imun Kurang Akurat

Informasi mengenai imunitas yang tersedia bagi konsumen banyak kurang akurat, padahal sistem imunitas sangat penting bagi kesehatan. ‘’Pemberian zat yang merangsang untuk memperbaiki kekebalan tubuh yang banyak dijual di pasaran hanya diperuntukkan dalam keadaan sakit,’’ kata Zakiudin dari Divisi Alergi Imunologi Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI RSCM di Jakarta.
Zat perangsang kekebalan tubuh atau disebut imunodulator diberikan saat tubuh mengalami gangguan kekebalan tubuh dan tidak boleh digunakan setiap hari. Dia mengingatkan zat perangsang kekebalan tubuh tersebut bukan suplemen seperti halnya vitamin yang bisa dikonsumsi setiap saat. ‘’Kalau tubuh sudah tidak membutuhkan lagi, sebaiknya tidak usah diberikan lagi. Karena kalau tetap diberikan tubuh akan mengalami kelebihan kekebalan tubuh sehingga bisa menimbulkan alergi,’’ kata Zakiudin.
Menurut Zakiudin sistem imunitas yang sempurna dapat mencegah berbagai penyakit seperti gangguan pada saluran pernafasan dan berbagai macam infeksi.
Sementara infeksi, penyakit ganas dan penggunaan obat-obatan, gangguan gizi dan usia lanjut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kekebalan tubuh.
Khusus untuk anak di bawah dua tahun faktor gizi memegang peranan penting untuk menjaga kekebalan tubuh. ‘’Karena semakin anak usia dewasa kekebalan tubuhnya semakin kuat sementara anak-anak di bawah dua tahun kekebalan tubuhnya belum sempurna,’’ katanya.
Sumber kekebalan tubuh anak-anak lanjut Zakiudin berada pada saluran pencernaan sehingga kalau saluran pencernaan anak-anak baik maka bisa dikatakan kekebalan tubuhnya baik. ‘’Makanya jangan sepelekan makanan untuk anak-anak. Makanan harus mengandung gizi seimbang,’’ katanya.
Jika kedapatan anak sedang menurun kekebalan tubuhnya Zakiudin menyarankan agar penderita segera diisolasi agar tidak terkontaminasi dengan penyakit-penyakit lain. Melakukan pemberikan antibodi, mengobati penyakit penyebabnya, melakukan perbaikan gizi dan memberikan zat yang merangsang akan memperbaiki kekebalan tubuh atau imunodulator. Imunodulator bisa diberikan melalui pemberian prebiotik (makanan bakteri) dan probiotik (bakteri baik) yang seimbang, demikian Zakiudin.
KPO/EDISI 162/NOVEMBER 2008
Thanks for reading Banyak Informasi Obat Imun Kurang Akurat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar