Home » » H Mubin Usman: Raih 15 Juta Dari Pembibitan Tanaman

H Mubin Usman: Raih 15 Juta Dari Pembibitan Tanaman

Usaha pembibitan dan penjualan bibit unggul tanaman buah dan tanaman hias merupakan usaha yang prospeknya cukup menjanjikan dari segi bisnis. Hal itu diungkapkan pemilik dan pendiri usaha pembibitan "Wijaya Tani," H Mubin Usman (59), di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.
Atas keberhasilannya mengembangkan bibit unggul yang dirintisnya sejak tahun 1962, ia pernah menerima penghargaan dari Presiden Megawati Soekarnoputri dan dari Gubernur Jawa Barat.
Ia sudah banyak mengirim produknya ke seluruh Indonesia, bahkan tahun 2007 lalu juga pernah mengirim ke Jepang dan Cina.
Menurut Mubin, usaha bibit unggul itu membutuhkan suatu kesabaran untuk bisa menemukan inovasi. Jika inovasi itu berhasil dan diketahui orang banyak, pembeli akan berdatangan.
"Selama kami bisa mengeluarkan inovasi yang berhasil, maka hasilnya itu akan dicari dan dibeli orang banyak," ungkap H Mubin kepada wartawan Antara.
Ia menambahkan, dalam usahanya ia telah berhasil menemukan dan mengembangkan berbagai bibit unggul tanaman buah, seperti tanaman jeruk, mangga, dan semangka, yang saat ini banyak dicari para pembeli dari berbagai daerah.
Selain itu, ia juga mengembangkan bibit tanaman hias seperti bunga kastuba dan bonsai jenis cemara, adenium, dan orleta.
"Kini saya lebih memfokuskan pengembangan bibit pohon berbuah, namun pengembangan bibit tanaman hias tetap juga terus dilakukan," tambahnya.
Menurutnya, para pembeli rata-rata memesan bibit unggul pohon berbuah seperti buah semangka, jeruk, dan mangga. Dengan usahanya ini ia mendapatkan keuntungan bersih rata-rata sekitar Rp15 juta per bulan.
Sementara sejumlah pembeli mengatakan bibit unggul milik H. Mubin sudah lama dikenal dan diketahui kualitasnya oleh masyarakat luas, karena bibit unggulnya bagus dan banyak jenisnya, sehingga tersedia banyak pilihan.
"Saya sudah langganan beli di sini. Saya juga mempunyai usaha di bidang perkebunan," tutur Asep Sutisna (38), pembeli dan pemilik kebun buah mangga asal Jasinga, Bogor.
Asep juga menuturkan, usaha bibit unggul tanaman pohon berbuah dapat menjadi usaha yang bertahan lama jangka waktunya dan cukup menghasilkan keuntungan, lagipula makin banyak masyarakat yang menggemari bertanam, terutama di daerah-daerah.
Ia juga mengharap, pemerintah memberikan perhatian lebih besar pada usaha bidang ini, mengingat mayoritas masyarakat Indonesia bekerja di bidang pertanian. "Hanya kita harus sabar dan tekun kalau mempunyai niat memulai usaha seperti ini," tambahnya.
KPO/EDISI 162/NOVEMBER 2008
Thanks for reading H Mubin Usman: Raih 15 Juta Dari Pembibitan Tanaman

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar