Home » » Penyakit Tukak Lambung Perlu Diatasi Serius

Penyakit Tukak Lambung Perlu Diatasi Serius

Peraih Nobel Kedokteran 2005 asal Australia, Prof Dr Barry J Marshall mengatakan penyakit tukak lambung perlu ditangani secara serius. "Jika tidak ditangani secara serius, penyakit ini dapat berkembang menjadi kanker lambung," kata Barry, ketika mengunjungi Pesantren Al Hamidiyah, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis pada September lalu.
Menurut Barry, faktor utama penyebab penyakit tukak lambung di Indonesia adalah akibat buruknya sanitasi lingkungan. Hampir separuh penduduk Indonesia terinfeksi bakteri Helicobacter pylori (H pylori).
Bakteri patogen ini menginfeksi tubuh seseorang melalui oral, dan sangat sering ditularkan dari ibu ke bayi tanpa ada penampakan gejala (asimptomatik). Infeksi bakteri ini banyak ditemui pada penduduk di negara-negara berstandar ekonomi rendah dan berkualitas kesehatan buruk.
Bakteri ini menempel di permukaan dalam lambung melalui interaksi-interaksi antara membran bakteri lektin dan oligosakarida spesifik dari glikoprotein membran sel-sel epitel lambung. Bakteri tersebut menjadi penyebab utama penyakit tukak lambung. Barry mengatakan, kombinasi antar riset, pendidikan dan pusat perawatan kesehatan yang ditunjang dengan teknologi mutakhir akan memberikan hasil terbaik di Indonesia.
Pengasuh Ponpes Al Hamidiyah Depok, KH Zainuddin Ma`shum Ali mengatakan, penjelasan Barry tersebut diharapkan memotivasi para santri untuk menekuni bidang sains dan riset. ‘’Santri bisa belajar di luar negeri dan nantinya dapat menjadi ilmuwan yang disegani dunia. Kami mempunyai cita-cita agar menjadi pesantren yang go internasional," kata KH Ma’shum Ali.
KPO/EDISI 161/OKTOBER 2008
Thanks for reading Penyakit Tukak Lambung Perlu Diatasi Serius

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar