Home » » Bunga Mentega; Tanaman Hias Picu Kelumpuhan?

Bunga Mentega; Tanaman Hias Picu Kelumpuhan?

Tidak semua tanaman hias aman untuk dipelihara meskipun tidak semua tanaman hias mengandung racun. "Tamanan hias itu, ada yang beracun dan ada juga yang tidak," ungkap Dosen Biologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof Aseng Ramlan, kepada Antara, Kamis pekan lalu.
Prof Aseng Ramlan menyatakan, masyarakat tidak perlu panik dan khawatir dengan isu tamanan beracun, karena hanya beberapa jenis tanaman hias saja yang memiliki racun.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Prof Aseng Ramlan, ada dua jenis tamanan hias yang memiliki racun, yaitu Olinder Nelium atau yang lebih dikenal dengan istilah Pohon Mentega serta pohon Bintaro/Pohon Pelindung. Olinder Nelium, ialah tanaman yang masih satu famili dengan Bunga Kamboja. Racun yang ditimbulkan dari Olinder Nelium, kata Prof Ateng, berasal dari getahnya. "Kalau kita luka, dan getah Olinder Nelium mengenai bagian lukanya, maka itu berpotensi menyebabkan kelumpuhan," katanya.
Prof Aseng Ramlan merasa prihatin karena selama ini, tamanan hias yang memiliki racun masih banyak dipelihara di pekarangan rumah atau taman-taman kota. "Wajar saja jika masyarakat tidak tahu mana tamanan hias yang beracun mana yang tidak, karena pengetahuan mereka kurang," katanya.
Aseng Ramlan berharap, pemerintah dalam hal ini, Dinas Pertamanan dapat lebih menyosialisasikan mana tanaman hias yang dapat dipelihara mana yang tidak.
Sementara masyarakat Bandung rata-rata tidak mengetahui jika ada tanaman beracun yang tumbuh di persimpangan jalan, taman-taman kota serta pekarangan rumah mereka.
Salah satunya, Tita (38), warga asal Rt 03 RW 04, Sekeloa Girang, Desa Margahayu Tengah, Kabupaten Bandung, tidak mengetahui jika tamanan yang tumbuh di pekaranganya merupakan jenis tamanan beracun. "Saya tidak tahu, kalau bunga mentega ini getahnya beracun," kata Tita kepada ANTARA, yang ditemui di pekarangannya.
Ia mengatakan, pihaknya akan segera memusnahkan Nerium Oliander (nama ilmiah untuk bunga mentega) di pekarangannya. "Oh saya pasti akan buang bunga ini (bunga mentega), kan sekarang tahu kalau bunga ini beracun," kata Tita
Pihaknya menyatakan, lebih memilih membuang bunga mentega tersebut, karena khawatir akan melukai tiga anaknya yang masih kecil. Menurut dia, sudah hampir tiga tahun lebih, ia merawat dan memelihar bunga tersebut. "Saya beli, bunga mentega ini, dari tukang bunga keliling awal tahun 2006," kata ibu tiga orang anak ini.
Sama halnya dengan Tita, Iram (23), warga asal Margaharu Raya Kota Bandung, mengatakan akan membuang bunga mentega yang ditaman ibunya dan tumbuh di depan rumahnya. "Kalau tahu dari dulu tamanam ini beracun, mana mungkin ibu saya menanamnya di depan rumah," kata Irma.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Bunga Mentega; Tanaman Hias Picu Kelumpuhan?

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar