Home » » Petani Jabar Diminta Coba Pupuk Agrobost

Petani Jabar Diminta Coba Pupuk Agrobost

Kalangan petani di pedesaan Jawa Barat dianjurkan untuk mulai mencoba dan bahkan beralih menggunakan pupuk agrobost yang telah teruji lebih efektif dalam membantu pertumbuhan dan daya tahan tanaman padi, palawija dan bahkan untuk campuran pakan ternak. Anjuran tersebut disampaikan seorang pemerhati kehidupan petani di Bandung, Fernita Darwis pada pertemuan petani dan peternak dari 7 desa di Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung yang dipusatkan di kantor Desa Ciluncat, Ahad.
Fernita saat itu menyerahkan bantuan pupuk agrobost untuk lima hektar lahan kepada tujuh kelompok tani pada tujuh desa di wilayah Kecamatan Cangkuang. ‘’Untuk tahap awal disediakan subsidi pupuk orgobost untuk lima hektar lahan pertanian pada tujuh desa,’’ katanya.
Subsidi pupuk agrobost untuk Kecamatan Cangkuang, Bandung antara lain Desa Nanggrek, Jatisari, Banjarsari dan Tanjungsari. Pupuk agrobost telah mendapatkan penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam mendukung program ketahanan pangan nasional dan pengharghaan MURI karena menghasilkan singkong terbesar sebagai solusi mengatasi kelangkaan pupuk secara nasional.
Khusus wilayah Jawa Barat sangat mudah mendapatkan pupuk agrobost, hanya belum banyak petani dan peternak yang mengetahui keungulan pupuk tersebut. ‘’Dari segi harga pupuk agrobost jauh lebih murah dibanding urea,’’ tegas Fernita.
Seperti dilansir Antara, bila memakai pupuk urea butuh biaya Rp 2,5 juta/hektar tanaman, maka penggunaan urea dengan dicampur pupuk agrobost bisa hemat Rp 1,5 juta/Ha. Kalau mau hanya menggunakan pupuk agrobost saja, biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit. Keunggulan pupuk agrobost dapat mempercepat penggemukan ternak dengan mencampur agrobost dalam pakan bisa menambah berat sapi rata-rata 1 kg per hari.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Petani Jabar Diminta Coba Pupuk Agrobost

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar