Home » » Seni Karawitan Kurang Dapat Perhatian Di Sekolah

Seni Karawitan Kurang Dapat Perhatian Di Sekolah

Seni budaya tradisional Jawa khususnya karawitan masih belum mendapat perhatian khusus di sekolah-sekolah, sehingga upaya pembinaan terkesan masih seadanya.
"Di sekolah-sekolah, banyak yang sudah memiliki instrumen untuk kesenian karawitan, tetapi tidak ada pembinaan," kata Chandra Kirana, ketua panitia sarasehan karawitan di Yogyakarta, pekan lalu.
Menurut Chandra Kirana, lemahnya pembinaan tersebut juga disebabkan dari unsur pembinanya yaitu guru belum memiliki kecakapan untuk melakukan pembinaan kepada anak didik.
Oleh karena itu, lanjut Chandra, sarasehan tersebut difokuskan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru sekolah dasar (SD) ,sehingga mereka bisa meletakkan dasar kecintaan terhadap seni budaya Jawa utamanya karawitan kepada siswa.
Ia berharap, dengan sarasehan tersebut dapat mengubah situasi di mana anak-anak tidak lagi hanya bisa melihat instrumen karawitan tanpa mampu mengapresiasinya.
Hasil sarasehan tersebut kemudian akan dipublikasikan ke masyarakat umum, sehingga mereka mengetahui masalah dalam pengembangan seni budaya tradisional dan akan direkomendasikan ke instansi terkait sehingga dapat menjadi dasar program yang akan mereka lakukan. "Biasanya instansi terkait hanya menginginkan hasilnya saja tanpa mau bersusah payah melakukan prosesnya, padahal proses itu adalah bagian yang penting," katanya.
Sementara itu, Soekardjo Danasworo, Ketua Umum Rembug Seni Budaya Tradisional Jawa (RSBTJ) Kota Yogyakarta menyatakan pentingnya pembinaan seni budaya sejak dini karena akan lebih mudah direkam oleh anak-anak dan akan ikut menentukan arah kejiwaan menuju kecintaan pada budaya yang adiluhur. "Pengayaan terhadap pelatih dan pembibitan anak berbakat ini diilhami oleh sistem pendidikan tabularasa dan semakin dini penanaman kepada anak didik, maka akan semakin mampu membawa ke arah yang dimaksud," katanya dilansir Antara.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Seni Karawitan Kurang Dapat Perhatian Di Sekolah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar