Home » » Pupuk Buatan Hilangkan Unsur Hara Tanah

Pupuk Buatan Hilangkan Unsur Hara Tanah

Pembuangan limbah pabrik yang tidak ramah lingkungan dan pemakaian pupuk buatan (anorganik) secara kontinyu merupakan penyebab hilangnya unsur hara tanah. Tanah yang tidak lagi berunsur hara berubah tandus, bahkan retak-retak bila dilanda kemarau panjang, kata Ketua Yayasan Pertanian Organik Bali (YPOB), Ir Joko Trisayoga kepada Antara di Kuta, Badung, Kamis (22/1).
Karena itu, para petani dapat mengurangi bahkan meninggalkan pemakaian pupuk anorganik dalam sistem bercocok tanam pada lahan yang dikelola. ‘’Petani harus mulai dapat meninggalkan pupuk anorganik, selanjutnya dapat menggantikannya dengan pupuk organik seperti kompos, bio urine, kotoran hewan dan lain-lain,’’ katanya.
Menurut Joko, pemakaian pupuk organik mampu mempertahankan mikro organisme pengurai bahkan perbanyak keberadaannya di dalam tanah demi meningkatkan lagi kesuburan tanah. Untuk mencegah kemungkinan meluasnya kerusakan tanah, YPOB yang merupakan salah satu dari beberapa yayasan peduli lingkungan di Bali meminta petani untuk mengurangi pemakaian pupuk anorganik dan beralih ke penggunaan pupuk organik. ‘’Dengan memakai pupuk organik, kerusakan tanah dapat diminimalisasi. Dengan pupuk alami itu dapat menjaga kesuburan tanah sehingga produktivitas pertanian tetap meningkat,’’ tegas Joko.
Hingga kini, yayasan yang berdiri sejak tahun 2003 sudah memiliki 30 kelompok tani (warga dampingan), dengan jumlah petani per kelompok berkisar 20-30 orang. Mereka tersebar di Kabupaten Jembrana, Tabanan, Bangli, Buleleng dan Karangasem.
Sesuai misinya, YPOB memberdayakan masyarakat untuk mendapat akses maupun info pemasaran, pembinaan, pelatihan dan percontohan bercocok tanam. ‘’Dalam memberi pelayanan kami bekerja sama dengan pihak lain, baik swasta maupun instansi pemerintah terkait yaitu Dinas Peternakan, Dinas Tenaga Kerja dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian,’’ ujarnya.
Masalah permodalan para petani juga dibantu yayasan dengan pinjaman dana bergulir sehingga mereka bisa lebih maju dan menjadi petani handal. YPOB yakin, semakin banyak lembaga atau yayasan yang peduli lingkungan, pertanian Bali menjadi salah satu sektor andalan Pulau Dewata dan soko guru perekonomian berbasis sektor pariwisata dapat diwujudkan.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Pupuk Buatan Hilangkan Unsur Hara Tanah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar