Home » » Spritualisme Orang Bali Menurun

Spritualisme Orang Bali Menurun

Sebagian orang Bali mengalami perubahan gaya hidup akibat perkembangan pariwisata yang cukup pesat. "Sebagian hidup orang Bali itu mengalami pergeseran dan semangat spiritualisme menurun seperti yang disinyalir Dr. Arthur Gillette, mantan Direktur UNESCO," kata Guru Besar Univesitas Udayana Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta.
Pria yang menjabat Direktur Program Pasca-Sarjana Universitas Udayana itu mengatakan, akibat pergeseran tersebut sikap hidup lebih berorientasi pada kebendaan, sehingga profesi sebagai petani tidak lagi dianggap mulia karena tidak mampu memberikan masa depan yang cerah.
"Bahkan pekerjaan petani erat kaitan dengan kemiskinan dan keterbelakangan, karena produktivitasnya sangat rendah," tutur Dewa Suprapta yang juga Kepala Laboratorium Biopestisida Fakultas Pertanian Unud.
Ia mengatakan, penilaian dan sikap terhadap petani dan pertanian tersebut kurang profesional, padahal pertanian merupakan akar budaya Bali yang tetap dilestarikan keberadaannya, yang kini menjadi salah satu daya tarik wisatawan mancanegara maupun nusantara untuk berliburan ke Pulau Dewata.
Untuk tetap eksis dan berkembangnya sektor pariwisata di Bali, aktivitas pertanian harus secara terus menerus dikembangkan dan direvisi, salah satu di antaranya mensinergikan pembangunan bidang pertanian dengan pariwisata.
Sistem pertanian tradisional yang dikembangkan petani Bali secara turun temurun mampu mendukung tingkat kesejahteraan serta melestarikan kebudayaan Bali.
Budaya Bali yang dikembangkan sebagai aktualisasi ajaran agama Hindu mempunyai kaitan erat dengan bidang pertanian.
Peran yang sangat penting dalam menciptakan dan melestarian budaya Bali lebih dominan dilakukan penduduk yang bermatapencaharian sebagai petani.
Petani mengembangkan organisasi subak, selain efektif dalam mengatur air irigasi secara adil juga mempunyai peran yang sangat penting dalam pelestarian dan mengembangan seni budaya Bali, katanya.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Spritualisme Orang Bali Menurun

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar