Home » » Museum Belum Jadi Tujuan Wisata Pelajar

Museum Belum Jadi Tujuan Wisata Pelajar

Museum yang ada di Yogyakarta sampai sekarang belum menjadi tujuan utama wisatawan khususnya kalangan pelajar, padahal kota ini memiliki puluhan museum yang beraneka ragam.
"Keberadaan museum tidak hanya sekedar menyimpan barang-barang koleksi, namun juga merupakan tempat penelitian, pendidikan, riset dan sebagai objek wisata," kata Humas Badan Musyawarah Museum (Barahmus) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Bambang Widodo kepada Antara.
Jumlah pengunjung museum terutama dari kalangan pelajar dinilai masih memprihatinkan, meskipun pada saat libur sekolah. Mestinya pihak sekolah mengarahkan agar siswanya mengunjungi museum saat libur sekolah. "Dari 28 museum yang ada di DIY yang sebagian dikelola pemerintah dan sebagian lagi dikelola swasta maupun perorangan, hanya sebagai kecil yang banyak dikunjungi pelajar terutama saat libur sekolah," kata Bambang Widodo.
Selama ini sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa museum hanya sebagai gudang menyimpan barang rongsokan dan usang, sehingga mereka menilai tidak menarik untuk dikunjungi, apalagi sebagai objek wisata pendidikan. "Padahal melalui museum bisa ditelusuri perkembangan sejarah dan budaya peradaban manusia serta kehidupan seorang tokoh. Museum merupakan gudang ilmu yang bisa digali secara terus menerus," kata Bambang Widodo.
Ia mengatakan Barahmus DIY memiliki program pengenalan museum bagi guru dan siswa berupa tur wisata ke sejumlah museum di daerah ini.
Oleh karena itu, kegiatan ini sengaja digelar dengan mengundang para guru dan siswa agar mereka tidak saja mengenal para tokoh dari buku teks, namun bisa langsung melihat barang peninggalannya.
Rencananya kegiatan semacam itu akan digelar secara rutin dengan tujuan agar para siswa dan guru di daerah ini memiliki apresiasi dan menyintai museum, sehingga mereka nantinya bisa memanfaatkannya sebagai wahana menambah wawasan ilmu pengetahuan.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Museum Belum Jadi Tujuan Wisata Pelajar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar