Home » » Penyebab Utama Kematian Ibu Hamil

Penyebab Utama Kematian Ibu Hamil

Rendahnya pengetahuan masyarakat terutama ibu muda mengenai penanganan pada saat kehamilan dan setelah melahirkan, masih menjadi penyebab utama kematian ibu hamil dan bayi. Ketua Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Jawa Tengah Siti Moetmainnah Pribadi di Semarang, Rabu (21/1) mengatakan, ada tiga penyebab utama kematian ibu hamil di Indonesia yakni pendarahan, eklampsia-preeklampsia atau hipertensi saat kehamilan dan infeksi.
Penyebab kematian bayi lahir di Indonesia lebih disebabkan karena berat bayi lahir rendah (BBLR), lahir sebelum waktunya (premature) dan infeksi. Berdasar fakta itu, seorang ibu hamil harus selalu sehat rohani, jasmani dan secara sosial mempunyai pengetahuan yang cukup.
Hasil survei demografi kesehatan Indonesia tahun 2003, angka kematian ibu akibat melahirkan di Indonesia 307 per 100.000 kelahiran hidup, tertinggi di ASEAN. Upaya untuk memperkecil tingginya angka kematian di Indonesia terutama di Jateng, APPI terus meningkatkan sosialisasi gerakan penanggulangan kematian ibu hamil akibat melahirkan.
Wujud kegiatan APPI, lanjut Moetmainnah, dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada ibu muda serta perempuan mengenai perawatan kandungan dan anak setelah lahir. Selain ke perkumpulan ibu-ibu PKK, kami juga akan memberikan informasi dan pembelajaran ke sekolah-sekolah.
APPI juga akan memfasilitasi dan membentuk bantuan atau sistem-sistem yang dapat mendukung gerakan penurunan angka kematian ibu. Langkah tersebut akan membantu pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu yang memenuhi millineun development goals (MDGs), terjadi penurunan 25-30% angka kematian ibu pada tahun 2015. APPI merupakan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang kesehatan yang terdiri dari Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Sosial, Departemen Kesehatan, PKBI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan lembaga terkait lain.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Penyebab Utama Kematian Ibu Hamil

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar