Home » , » Komang Dharma Budidaya Tanaman Hias Dengan EM4

Komang Dharma Budidaya Tanaman Hias Dengan EM4

OLEH: HERNAWARDI
Hobi membudidayakan tanaman hias bagi Komang Dharma (54) warga Karang Sukun, Mataram, NTB ini sudah ditekuni sejak remaja. Tak heran, segenap keluarganya, termasuk anak-anaknya sudah “tertular” hobinya tersebut.
Komang Dharma yang kesehariannya adalah karyawan Dinas Kesehatan Masyarakat (Diskesmas) NTB membuka usaha tanaman hias bernama UD Toyo Sekar Ulangun di Jalan Amir Hamzah 4X Mataram.
Berbagai jenis tanaman hias dan bunga bernilai ekonomis tinggi tersedia di UD Sekar Ulangun yang menempati areal seluas 11 are ini. 7 are di antaranya dimanfaatkan untuk mediasi tanaman hias, sisanya untuk pembibitan tanaman hias lainnya termasuk buah-buahan bervitamin.
Di balik kesuksesannya memelihara tanaman hias, ternyata ada tips yang selama ini ia rahasiakan. Rahasia keberhasilan tersebut yakni pemupukan organik dengan menggunakan produk EM4. “Saya sendiri memakai EM4 sejak kurang lebih tiga tahun lalu untuk bahan fermentasi pembuatan pupuk organik bagi semua tanaman hias di sini,” ungkap bapak tiga anak tersebut.
Komang kini tetap bisa tersenyum lega. Beberapa tanaman hiasnya seperti anggrek, aglonema, adenium, anthorium dan lainnya mampu meningkatkan nilai penjualan setiap bulannya. Rata-rata per bulannya saja omzet penjualannya berkisar Rp28 juta - Rp32 juta. Apalagi saat digelar pameran, omzet penjualan bisa lebih banyak.
Menurut Komang, EM4 sesungguhnya produk yang luar biasa bagi pertumbuhan dan perawatan tanaman hias. Meski diakuinya proses pemupukan dengan EM4 butuh waktu untuk pertumbuhan tanaman, namun hasilnya sangat mengagumkan. Pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik, daunnya semakin tebal, bersih, daun lebih hijau dan lembut serta subur.
“Demikian juga EM4 tidak serta merta mematikan jamur pengganggu tanaman. Namun EM4 juga bisa memilih mana jamur negatif yang harus disingkirkan dan mana jamur positif yang harus dibiarkan,” ungkap anak petani ini.
Komang memutuskan untuk tetap memakai produk EM4 mengingat dari segi harga yang terjangkau, kualitasnya terjamin, volumenya lebih banyak dan bisa meningkatkan nilai jual tanaman dari harga EM4 itu sendiri.
EM4 juga merupakan produk yang sangat tepat untuk difermentasikan dalam pembuatan pupuk organik. Hasil kombinasinya dengan campuran berbagai bahan organik lainnya seperti kotoran ternak maupun dedaunan menghasilkan bau yang lebih enak, kata Komang yang juga agen UD Tanaman Hias Duta Orcid Denpasar wilayah Lombok.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Komang Dharma Budidaya Tanaman Hias Dengan EM4

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar